JawaPos.com – Bank Indonesia (BI) menyiapkan uang tunai Rp 195 Triliun pecahan uang baru yang bisa ditukarkan masyarakat guna melengkapi kebutuhan selama momen Ramadan dan Idulfitri 2023. Angka tersebut meningkat 8,22 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang tercatat Rp 180 triliun.

“Tahun ini BI menyiapkan uang tunai untuk Ramadan dan Idulfitri Rp 195 Triliun atau meningkat 8,22 persen dari tahun lalu,” kata Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia (BI) Marlison Hakim dalam kick off Serambi 2023 di Gedung BI, Jakarta Pusat, Senin (20/3).

Ia menjelaskan, peningkatan jumlah alokasi dana tersebut telah mempertimbangkan berbagai aspek mulai dari pencabutan PPKM, pertumbuhan ekonomi. Lalu, mobilisasi masyarakat dan prediksi jumlah pemudik yang mencapai 123 juta.

Marlison menyebut, layanan penukaran uang baru ini di beberapa tempat sudah bisa dilakukan mulai Senin, 20 Maret 2023. Namun secara nasional akan efektif dibuka mulai 27 Maret sampai dengan 20 April 2023.

Bekerja sama dengan belasan perbankan, BI telah menyiapkan 5.066 titik lokasi penukaran uang baru. Jumlah ini disebut meningkat 8 persen dibandingkan tahun lalu.

“Perbankan telah berkomitmen akan membuka titik layanan sebanyak 5066 kantor atau titik layanan di seluruh Indonesia. Angka tersebut meningkat 8 persen ini menandakan pihak perbankan merespons bagaimana mobilisasi masyarakat, pertumbuhan ekonomi, dan memenuhi kebutuhan masyarakat,” jelasnya.

Tak hanya di kantor perbankan, penukaran uang baru juga bisa dilakukan di tempat-tempat keramaian seperti terminal, stasiun, pasar hingga masjid. Bahkan, layanan kas keliling akan menjangkau wilayah 3T melalui susur sungai.

“Kegiatan tersebut sudah mulai dilakukan di beberapa tempat, dan akan diperkuat di wilayah Sumatra Selatan, Kalimantan Selatan, Kalimanta Tengah dan beberapa daerah lain di pesisir sungai,” ujarnyan

Selanjutnya, layanan kas keliling juga akan melayani penukaran uang tunai di jalur mudik, serta bebeapa area rest area jalan tol baik di Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung dan Sumatera Selatan. Kemudian ada juga di titik-titik penyebrangan yang ramai seperti Merak, Bakauheni, Ketapang, Banyuwangi, Mataram, dan Batam.

Khusus di Jabodebek, terdapat 599 titik penukaran uang tunai baik melalui kantor perwakilan BI maupun perbankan.

“BI juga akan mengadakan kas keliling terpadu di beberapa masjid seperti Istiqlal, Al Azhar, At-Tin, Hasim Asy’ari pada 3-14 April 2023,” tandasnya.

 

By admin