JawaPos.com – OpenAI, pencipta teknologi ChatGPT dan beberapa Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI) populer lainnya, telah mengumumkan perilisan model AI terbarunya yakni GPT-4. Perusahaan mengklaim bahwa model AI baru ini merupakan tonggak penting dalam penelitian pembelajaran mendalamnya dan dapat mengungguli manusia di banyak bidang.

Menurut OpenAI, GPT-4 menunjukkan “kinerja tingkat manusia pada berbagai tolok ukur profesional dan akademik.” Dilansir dari TheRegister, menurut OpenAI, GPT-4 mampu lulus ujian ujian simulasi di 10 persen peserta tes teratas, sementara pendahulunya, GPT-3.5 (berdasarkan ChatGPT), hanya mendapat skor sekitar 10 persen terbawah.

GPT-4 juga tampil baik di berbagai ujian lainnya, seperti tes SAT Math (mendapatkan skor 700 dari 800). Namun, skornya hanya dua pada ujian Bahasa dan Komposisi Bahasa Inggris AP (persentil ke-14 hingga ke-44).

Penting untuk dicatat bahwa GPT-4 adalah mesin regurgitasi yang memanfaatkan materi yang dilatih untuk menangani kueri. Meskipun dapat mengingat detail untuk ujian, keakuratannya dapat bervariasi.

CEO OpenAI Sam Altman mengakui bahwa GPT-4 masih cacat dan terbatas, dan mungkin tampak lebih mengesankan pada penggunaan pertama dari pada setelah menghabiskan lebih banyak waktu dengannya.

GPT-4 adalah model multimodal besar yang dirancang untuk menerima kueri melalui input teks dan gambar, dengan jawaban dikembalikan dalam teks. Ini awalnya tersedia melalui Application Programing Interface (API) GPT-4 yang terdaftar tunggu dan untuk pelanggan ChatGPT Plus dalam kapasitas hanya teks, karena input berbasis gambar masih disempurnakan.

Terlepas dari penambahan mekanisme input visual, OpenAI tidak terbuka tentang atau memberikan visibilitas dalam pembuatan modelnya. Perusahaan telah memilih untuk tidak merilis detail tentang ukurannya, bagaimana pelatihannya, atau data apa yang masuk ke dalam proses.

Dalam siaran langsung di YouTube, Greg Brockman, presiden dan salah satu pendiri OpenAI, mendemonstrasikan perbedaan antara GPT-4 dan GPT-3.5 dengan meminta para model untuk meringkas posting blog OpenAI GPT-4 dalam satu kalimat di mana setiap kata dimulai dengan huruf “G.” GPT-3.5 tidak mencoba, sementara GPT-4 mengembalikan “GPT-4 menghasilkan terobosan, keuntungan luar biasa, sangat menggembleng tujuan AI umum.”

Brockman juga meminta GPT-4 membuat kode Python untuk bot Discord, serta kode HTML dan JavaScript untuk mockup gambar tangan dari situs web lelucon yang dikirim ke Discord. Terakhir, Brockman menyiapkan GPT-4 untuk menganalisis 16 halaman kode pajak AS guna mengembalikan pengurangan standar untuk pasangan, Alice dan Bob, dengan keadaan keuangan tertentu.

Model OpenAI merespons dengan jawaban yang benar dan penjelasan tentang perhitungan yang terlibat.
Meskipun GPT-4 merupakan pencapaian yang mengesankan, perkembangannya menimbulkan kekhawatiran tentang kurangnya transparansi dan konsekuensi potensial dari model berskala besar seperti GPT-4.

By admin