JawaPos.com – Pembangunan Masjid Raya Islamic Center memang belum 100 persen rampung. Namun, masjid yang terletak di kawasan Dukuh Kupang itu sudah difungsikan.

Selain untuk ibadah rutin, masjid seluas 5.800 meter persegi tersebut siap difungsikan untuk aktivitas selama bulan suci Ramadan mendatang. Sembari tetap melanjutkan tahap pembangunan.

Sekdaprov Jatim Adhy Karyono menyatakan bahwa pembangunan masjid yang mampu menampung 3.630 jemaah itu akan berlanjut. Ada sejumlah ornamen yang digarap. ’’Masih perlu anggaran sekitar Rp 5 miliar lagi,” kata Adhy.

Salah satunya adalah air mancur di depan area tempat ibadah. Juga, sejumlah ornamen tambahan. ’’Sesuai rancangan, masjid ini tidak hanya digunakan untuk beribadah. Harapannya juga jadi ikon wisata religi di Jatim,” katanya.

Masjid tersebut diresmikan Gubernur Khofifah Indar Parawansa pada Sabtu (18/3). Bangunan yang dikerjakan selama 7 bulan itu membutuhkan Rp 52,7 miliar yang dialokasikan lewat APBD.

Meski belum selesai 100 persen, keindahan masjid yang didesain Gubernur Jabar Ridwan Kamil tersebut bisa dinikmati. Dari jalan raya, masjid terlihat kokoh dan unik. Fasad masjid itu mengandung beberapa makna.

Sebagaimana bentuk fasad miring membuka ke atas sebagai perumpamaan tangan terbuka dan menengadah seperti memanjatkan doa. Kemudian fasad kotak-kotak dengan nama-nama kabupaten/kota se-Jatim. Pada modul kotak, berbagai warna yang disusun acak merepresentasi kebersamaan dalam keberagaman.

Selain itu, ada mihrab terbuka menghadap kiblat dan taman (alam) dengan satu titik fokus yang mengingatkan pada kebesaran Allah SWT. ”Kami mengajak masyarakat untuk memakmurkan masjid ini. Terutama untuk meramaikan bulan suci Ramadan,” kata Gubernur Khofifah Indar Parawansa saat peresmian lalu.

By admin