JawaPos.com – Haris sudah lelah setelah seharian banting tulang. Apalagi malam itu dia lembur di tempat kerjanya di kawasan Jalan Sulawesi. Semua sudah disiapkan untuk segera tancap gas pulang ke rumah.

Saking bahagianya untuk bisa melepas lelah, tangan Haris pun sudah menyiapkan kunci motornya. Sambil berjalan nyantai, dia memainkan kuncinya.

’’Seperti biasa diputar-putar begitu di tangan. Apesnya saat dimainkan itu mrucut dari jarinya,’’ ujar Kepala DPKP Surabaya Dedik Irianto.

Sepertinya, jatah apes Haris sedang keluar semua. Kunci itu nyemplung ke manhole. Ukurannya kecil, hanya 2 x 5 sentimeter.

’’Plung,’’ kunci tersebut tenggelam di dalam air.

Dia coba mengintip lubang itu. Namun, tanda-tanda kunci tidak juga tampak. Apalagi air tersebut butek. Manhole itu dicoba untuk dicongkel. Namun, tenaganya sudah habis terkuras seharian.

Akhirnya, Haris wadul ke Command Center 112. Dia meminta tolong kepada petugas untuk membuka manhole itu. Petugas yang sigap pun segera datang ke lokasi.

’’Tidak lama, petugas berhasil mencongkel manhole itu. Kunci juga berhasil ditemukan. Beruntung, saat itu air di drainase tidak deras,’’ katanya.

Haris pun happy, dia bisa pulang ke rumah dengan hati senang. Sambil membawa cerita kenangan yang apes malam itu.

By admin