JawaPos.com – Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto berziarah ke makam Proklamator RI Soekarno di Kota Blitar, Jawa Timur, Minggu (19/3). Hal ini dilakukan, setelah nendapat tugas khusus dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Ziarah ini dilakukan Hasto usai pertemuan Megawati dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang digelar di Istana Negara, Sabtu (18/3). Sehari setelahya Hasto mendapat penugasan berziarah ke makam Bung Karno.

Hasto ditemani Bupati Trenggalek, Moch. Nur Arifin, dan istrinya, Novita Hardini serta Aryo Seno Bagaskoro, Ketua Taruna Merah Putih Kota Surabaya.

“Di tengah konsolidasi di Jawa Timur dan menjelang bulan Ramadan, Ibu Megawati Soekarnoputri menugaskan saya dalam ziarah ini,” kata Hasto dalam keterangannya, Senin (20/3).

Menurut Hasto, ziarah ini kerap dilakukan Megawati ke makam Ayahnya. Termasuk menjelang penentuan calon presiden yang akan diusung PDIP.

Hasto tidak menjelaskan apakah ada kaitannya dengan pertemuan empat mata, antara Megawati dan Presiden Jokowi. Hasto hanya menyebutkan dialog kedua tokoh membahas berbagai hal termasuk pelaksanaan Pemilu 2024.

“Selama ini ziarah dilakukan Ibu Megawati secara langsung namun dalam beberapa kesempatan beliau mengirim utusan berupa penugasan untuk melaksanakan ziarah tersebut,” pungkas Hasto.

By admin