JawaPos.com – Game seluler telah menjadi tren selama beberapa tahun terakhir. Gaming bahkan termasuk menjadi kegiatan yang makin digandrungi oleh orang Indonesia, bersanding ketat dengan kebutuhan entertainment lainnya di perangkat mobile yakni streaming konten.

Mengacu pada Data Reportal bertajuk Digital 2023: Indonesia menunjukkan bahwa 96 persen dari 212,9 juta pengguna Internet di Indonesia menonton streaming dan menghabiskan rata-rata satu jam sembilan menit setiap hari untuk menonton streaming. Sementara sebanyak 90 persen pengguna Internet main game di ponsel mereka.

Melihat kebutuhan tersebut, saat ini smartphone dengan kemampuan gaming akhirnya banyak dipilih. Selain pada aspek kamera, jeroan atau dapur pacunya juga banyak menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih smartphone.

Hal ini juga yang dipertimbangkan hadir di Galaxy S23 Series 5G Samsung yang baru-baru ini diluncurkan. Kehadiran smartphone flagship Samsung itu hadir lengkap untuk konsumen. Kamera canggih dan kaya fitur, sistem operasi terbaru dan performa kuat untuk mereka yang senang bermain game dengan ponsel mereka.

Penasaran keunggulan apalagi yang ada di Samsung Galaxy S23 Series 5G dalam mendukung kinerja gaming? Berikut JawaPos.com berikan ulasan selengkapnya. Simak sampai habis.

Snapdragon for Galaxy
Keunggulan pertama adalah terkait chipset yang dibuat khusus untuk smartphone Samsung ini. Kamu harus tahu, Galaxy S23 Series 5G hadir dengan peningkatan performa signifikan yang membedakannya dari generasi pendahulunya maupun smartphone lain di industri.

Hal ini tak terlepas dari keberadaan Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy yang lahir dari kolaborasi strategis antara Samsung dengan Qualcomm. Sinergi dua perusahaan teknologi terdepan di bidangnya masing-masing ini pun memungkinkan Galaxy S23 Series 5G untuk menghadirkan mobile experience terbarukan dalam keseharian pengguna.

Perpaduan antara Galaxy S23 Series 5G dengan Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy memungkinkan Samsung untuk menetapkan standar baru akan mobile experience premium yang tidak bisa ditemukan di perangkat lain. Prosesor terbaru ini hadir dengan peningkatan GPU, NPU dan CPU untuk pengalaman streaming, gaming, hingga content creating yang lebih epic.

Dilengkapi dengan teknologi Snapdragon Game Post Processing Accelerator yang menawarkan performa pemrosesan tingkat tinggi. Tak lupa juga, chip ini dibekali dengan Cognitive ISP dan Multi-frame Noise Reduction (MFNR) untuk kemampuan Nightography yang tak tertandingi.

Melalui kolaborasi ini, Qualcomm bersama Samsung menghadirkan inovasi prosesor Snapdragon tercepat yang pernah ada sebagai komitmen menghadirkan pengalaman konsumen premium untuk perangkat Galaxy unggulan yaitu dengan peningkatan GPU hingga 41 persen untuk pengalaman gaming anti lagging, NPU 40 persen yang mampu memproses AI (Artifical Inteligent) dengan lebih cepat dan tentunya peningkatan CPU 30 persen untuk memastikan kecepatan performa smartphone.

Selain itu Galaxy S23 menghadirkan solusi konektivitas terdepan dari Qualcomm Technologies, termasuk Sistem Modem-RF Snapdragon X70, sistem RF modem 5G tercepat dan terpintar di dunia.

Pada kolaborasi ini, Samsung dan Qualcomm mendesain Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy khusus untuk Galaxy S23 Series 5G. Dalam prosesnya, Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy dibekali peningkatan secara menyeluruh baik dari segi CPU, GPU, dan NPU sehingga mampu menawarkan performa yang lebih unggul dari prosesor Snapdragon seri lainnya.

Hal ini pun membuat Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy lahir menjadi prosesor smartphone paling cepat dan intuitif sampai saat ini. Untuk kebutuhan gaming? Sepele. Gampang banget buat ditaklukan di perangkat ini.

Dalam menghadirkan pengalaman mobile gaming yang lebih next level, Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy telah dibekali teknologi pemrosesan gaming yang epic. Ada Unreal Engine 5 Metahumans Framework yang memungkinkan perangkat untuk menampilkan karakter game dengan lebih realistis.

Ada Snapdragon Game Post Processing Accelerator yang membuat pengguna bisa menikmati tiap efek grafis yang lebih nyata di tiap game. Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy yang menawarkan performa pemrosesan tingkat tinggi pun berperan besar dalam menghadirkan fitur ray tracing di Galaxy S23 Ultra 5G, sehingga perangkat bisa menjalankan rendering dengan lebih maksimal untuk kualitas grafis yang lebih hidup di dalam game.

Layar Terbaik
Kedua layar. Setelah aspek jeroan, aspek visual juga penting dalam mendukung kebutuhan gaming pengguna yang immersif, intuitif dan lebih kaya pengalaman. Menariknya, khusus untuk Galaxy S23 Ultra 5G, smartphone ini menghadirkan teknologi ray-tracing yang mampu menghasilkan render yang lebih nyata.

Teknologi tersebut melengkapi kehadiran layar Dynamic AMOLED 2X QHD+ 6,8 inci yang lapang dan vivid, serta touch sampling rate 240 Hz yang responsif untuk pengalaman gaming yang smooth dan memanjakan mata. Layar yang immersif dan mumpuni juga menunjang kebutuhan bermain game dan jadi bisa bikin menang terus.

Eits, nggak hanya di varian Ultra yang layarnya mumpuni buat main game. Seluruh Samsung Galaxy S23 Series 5G memiliki aspek layar yang top untuk urusan gaming. Nggak perlu diragukan lagi lantaran semua panel layar Samsung Galaxy S23 Series 5G adalah AMOLED.

Layar Samsung Galaxy S23 5G dan Galaxy S23+ 5G sama-sama menggunakan panel Dynamic AMOLED 2X. Bedanya, layar Galaxy S23 5G berukuran 6,1 inci sedangkan Galaxy S23+ 5G memiliki diagonal 6,6 inci.

Selain itu, baik Galaxy S23 5G maupun Galaxy S23+ 5G sama-sama memiliki resolusi Full HD+, mendukung refresh rate adaptif 48-120Hz, touch sampling rate 240Hz, dan tingkat kecerahan hingga 1.750 nits. Tidak hanya itu, Samsung juga menyertakan fitur Vision Booster dan perlindungan Gorilla Glass Victus 2. Pokoknya nyaman buat gaming.

Teknologi Pendingin dan Baterai
Prosesor dan layar berkualitas tinggi untuk main game juga mesti didukung dengan teknologi manajemen panas yang memadai. Ini penting! Mengapa? Hal ini karena umumnya perangkat gaming menuntut performa yang diatas rata-rata.

Berpotensi jadi lebih hangat dari biasanya, di perangkat Galaxy S23 Series 5G hal ini diantisipasi dengan teknologi vapor cooling chamber yang lebih besar. Pada akhirnya, ini memberikan kenyamanan lebih bagi pengguna untuk gaming terus-terusan tanpa panas berlebih di tangan.

Dengan ruang pendingin uap Samsung Galaxy, sekarang lebih besar dan pada setiap model seri Galaxy S23. Teknologi vapor cooling chamber ini bisa membuat pengguna bisa main game terus-menerus dengan lancar. Permainan maraton tidak akan membuat perangkat terlalu panas.

Kemudian, kapasitas baterai besar juga penting. Dengan baterai berukuran hingga 5.000 mAh di Galaxy S23 Series 5G, hal ini memastikan pengguna bisa menjalani produktivitas sepanjang hari dengan lancar tanpa terganggu notifikasi lowbat. Termasuk untuk urusan main game.

Baterai cerdas 5000 mAh ini akan menghemat daya di waktu senggang, sehingga dapat bermain game dan streaming di malam hari. Well, dengan seluruh kemampuan di atas, tidak ada keraguan lagi bahwa Samsung Galaxy S23 Series 5G tidak bisa diandalkan untuk urusan gaming. Pokoknya mantap.

Galaxy S23 Series 5G kini sudah tersedia di toko daring dan gerai retail. Konsumen juga dapat merasakan langsung performa powerful dari lini terbaru flagship Galaxy ini di gerai penjualan Samsung dan mitra retailer mereka di seluruh Indonesia.

Oh iya, masih ada juga event consumer launch terakhir di Sun Plaza, Medan pada 29 Maret – 2 April. Seperti di event consumer launch sebelumnya, ada berbagai penawaran khusus yang hanya bisa didapatkan pada kesempatan ini.

Selama consumer launch, konsumen bisa menikmati penawaran eksklusif senilai total hingga Rp 4.100.000 di setiap pembelian Galaxy S23 Series 5G. Keuntungan ini terdiri dari cashback hingga Rp 2.000.000 untuk pembelian secara Trade-In dan Purchase with Purchase (dengan aksesori dan wearable Galaxy), dan cashback dari mitra bank hingga Rp 750.000.

Dapatkan juga fasilitas perlindungan smartphone Samsung Care+ selama 6 bulan senilai Rp 899.000 dan free casing senilai Rp 499.000. Konsumen yang beruntung juga akan mendapatkan special gift hasil kolaborasi Samsung dengan VARYAN dan Exacoat berbahan ramah lingkungan dengan persediaan terbatas.

Konsumen bisa memiliki Galaxy S23 Ultra 5G dengan harga Rp 19.999.000 (12 GB/256 GB), Rp 21.999.000 (12 GB/512 GB), dan Rp 25.999.000 (12 GB/1 TB). Galaxy S23+ 5G hadir dengan harga Rp 15.999.000 (8 GB/256 GB) dan Rp 17.999.000 (8 GB/512 GB). Galaxy S23 5G tersedia dengan harga Rp 12.999.000 (8 GB/128 GB) dan Rp 13.999.000 (8 GB/256 GB).

Informasi lebih lanjut tentang Galaxy S23 Series 5G bisa dilihat di www.samsung.com/id.

 

 

 

By admin