JawaPos.com – Ramadan sepekan lagi. Biasanya, di pekan kedua dan ketiga Ramadan, masyarakat Muslim di Indonesia mulai sibuk mempersiapkan perjalanan Mudik Lebaran. Bahkan saat ini juga banyak yang sudah mempersiapkan perjalanan Mudik dengan armada kereta api, bus dan transportasi umum lainnya.

Yang punya kendaraan pribadi seperti mobil relatif lebih santai. Paling persiapan yang mesti dilakukan hanya melakukan tune-up kendaraan agar mobilnya layak untuk diajak bepergian jauh dan melaksanakan perjalanan panjang tanpa kendala.

Sarana lainnya, ada juga yang mempertimbangkan untuk menyewa mobil dengan sistem rental. Saat ini menjamur layanan sewa kendaraan. Demand sewa mobil jelang Ramadan dan Lebaran juga setiap tahun selalu meningkat. Makanya ini juga perlu dipersiapkan.

Selain itu, jasa sewa mobil kini semakin canggih dengan basis teknologi digital. Di 2021, ketika pandemi melanda, pasar rental mobil di seluruh dunia beralih ke teknologi digital sehingga pemesanan dapat dengan mudah dilakukan melalui aplikasi. 2023, teknologinya semakin meningkat, tak perlu tatap muka dengan pemilik kendaraan maupun penyewa.

Menurut data Presedence Research, pada 2021, pasar rental mobil di dunia mencapai nilai bisnis sampai USD 102 miliar lebih. Mereka menganalisa, angka ini akan terus bertumbuh sampai 2030 yang mencapai USD 186 miliar lebih.

Setidaknya ada beberapa hal yang menurut mereka berkontribusi besar dalam pertumbuhan online car rental. Selain karena pandemi yang mulai terkendali, digitalisasi atau teknologi yang diadopsi jasa sewa mobil terbukti mampu menghemat waktu dan uang terkait dengan transaksi sewa menyewa.

Buat yang sedang mencari kemungkinan rental mobil untuk mudik Lebaran, tersedia beberapa nama besar yang bisa dipilih. Berikut JawaPos.com buatkan beberapa pilihannya:

Zoomcar

Pertama ada Zoomcar. Pemain rental atau sewa pendatang baru ini siap menghadapi momen mudik lebaran. Perusahaan yang memperkenalkan diri di tanah air sejak Maret 2022 ini mengklaim telah memiliki lebih dari 250 armada hasil kerja sama dengan mitra pemilik kendaraan atau yang mereka namai Host.

Selain mengandalkan pemesanan melalui aplikasi, teknologi pemantau berbasis satelit akan mengikuti kemana saja mobil tersebut berjalan. Ditambah ada asuransi yang melindungi kendaraan dan juga penyewanya. Menurut Delly Nugraha, Country Head Zoomcar Indonesia, penyewa yang disebut Guest dan pemilik mobil yang disebut Host, bisa bertransaksi tanpa harus bertemu muka.

Penyewa dapat mengambil mobil yang ditentukan oleh Host, tarif yang berdasarkan durasi pemakaian dan jenis mobilnya. Semua bisa disepakati secara online melalui aplikasi Zoomcar. Mobil yang disewa bisa diatur pengambilannya, tergantung pilihan lokasi yang diberikan oleh Host tanpa perlu tatap muka, lalu mengaktifkan mobil lewat aplikasi.

Pun saat mobil dikembalikan, tanpa tatap muka. “Tarif sewa juga ditentukan bergantung mobil yang dipilih dan durasi sewa tentunya memberikan nilai hemat,” jelas Delly.

Dari sisi keamanan layanan, penyewa Zoomcar hanya perlu memfoto SIM mobil yang dimiliki, berikut eKTP dan foto selfie wajah. Durasi sewa pun bisa singkat atau selama dibutuhkan. Yang menarik, semakin lama mobil digunakan semakin hemat harga sewanya.

TRAC

Opsi platform digital lainnya untuk sewa mobil ada dari grup Astra yakni Trac. Rental mobil TRAC menyediakan penyewaan mobil di berbagai kota di Indonesia dengan pilihan mobil yang beragam.

Berdasarkan pengalaman JawaPos.com menggunakan platform ini, sistem peminjaman mobil juga mudah, cepat, bisa melalui aplikasi, website, atau WhatsApp. Kendaraan juga dijamin prima dengan harga yang bersaing.

Selain level korporat, TRAC juga menyediakan rental mobil Jakarta dan kota-kota besar lain di Indonesia untuk keperluan individu maupun keluarga. Mobil bisa digunakan untuk perjalanan baik di dalam kota maupun luar kota dengan pilihan empat atau 12 jam.

Layanan peminjaman harian ini juga berlaku untuk penjemputan airport yang mudah dan efisien. Anda tidak perlu sulit mencari kendaraan dan memikirkan bagaimana cara mencapai destinasi tujuan dari bandara.

Moda

Kemudian ada pemain rental mobil baru lainnya yang boleh dipertimbangkan. Perusahaan patungan PT Arya Kharisma dan Toyota Motor Asia Pacific Pte Ltd, PT Mobilitas Digital Indonesia atau MDI, meluncurkan layanan mobilitas bernama Moda.

PT Arya Kharisma merupakan anak perusahaan PT Astra International Tbk atau Astra, sementara Toyota Motor Asia Pacific Pte Ltd merupakan anak perusahaan Toyota Motor Corporation. Moda menyediakan berbagai layanan mobilitas, mulai dari Moda Rent yang merupakan layanan rental untuk kendaraan komersial, kemudian Movic yang merupakan marketplace platform untuk rental mobil penumpang, hingga beberapa layanan baru lainnya yang diluncurkan pada tahun 2023.

Trevo

Kemudian ada Trevo. Cara sewa mobil di Trevo mungkin belum banyak diketahui. Trevo merupakan salah satu aplikasi yang menawarkan penyewaan mobil secara online. Tentunya, hal ini dapat memudahkan masyarakat yang akan melakukan penyewaan mobil.

Trevo merupakan salah satu penyedia layanan sewa mobil secara online di Indonesia. Mengutip dari laman Trevo, layanan ini hadir sebagai aplikasi car sharing dengan pendekatan people to people. Siapa saja dapat mendaftarkan mobilnya di aplikasi ini. Selain itu, para penggunanya juga akan disaring seperti identitas hingga surat izin mengemudi.

By admin