JawaPos.com – SUV EV9 Kia yang akan datang menimbulkan kehebohan menjelang debut resminya bulan depan. Pembuat mobil asal Korea itu secara resmi telah merilis gambar interior dan eksterior mobil listrik baru yang akan datang.

EV9 adalah SUV ukuran sedang dengan tiga baris kursi, menjadikannya salah satu EV atau Electric Vehicle pertama di kategorinya yang melakukannya. Bahasa desain eksterior dicirikan oleh lengkungan roda geometris yang sangat menonjol dan struktur spatbor segitiga, menghasilkan profil kotak namun aerodinamis.

Jendela panel seperempat belakang mengingatkan pada EV6, tetapi desain keseluruhan menarik inspirasi dari Range Rovers lama. Desain ini sangat terlihat pada bagian depan tepatnya di area bumper bawah ke atas.

Interior EV9 berbeda dari konsepnya, dengan Kia memilih dua layar 12,3 inci untuk cluster speedo meter dan sistem infotainment. Pengurangan tombol fisik tampak terlihat pada mobil ini dan sebagai gantinya ditambahkan kontrol dasbor yang peka sentuhan.

Material interior, termasuk jaring, berkontribusi pada kelapangan kabin. Salah satu fitur unik dari EV9 adalah capten seat yang dapat berputar di barisan tengah, sehingga penumpang dapat menghadap ke kursi belakang. EV9 akan tersedia dalam konfigurasi 6 dan 7 penumpang.

Meski minim informasi tentang powertrain dan ukuran baterai, EV9 diharapkan menjadi pesaing kuat di kategori SUV ukuran menengah. Penggunaan platform E-GMP EV6 oleh Kia menunjukkan bahwa EV9 akan memiliki performa dan jangkauan yang mengesankan.

Meskipun Kia belum mengungkapkan harganya, dikutip dari Engadget, diperkirakan harganya akan lebih mahal daripada EV6, yang dimulai dari sekitar USD 45.000 atau berkisar Rp 690 jutaan.

Namun, Kia memiliki reputasi memproduksi kendaraan dengan harga terjangkau di kategorinya masing-masing, sehingga kemungkinan EV9 akan dibanderol dengan harga bersaing.

Secara keseluruhan, EV9 merupakan tambahan yang menarik untuk pasar EV dan keputusan Kia untuk merilis gambar interior dan eksterior menjelang debut resminya telah menimbulkan banyak perhatian.

By admin