JawaPos.com – Obrakan sarang nyamuk menjadi kegiatan rutin Kader Surabaya Hebat. Salah satunya dilaksanakan, Jumat (17/3). Di Puri Lidah Kulon RW 7, Kelurahan Lidah Kulon, Kecamatan Lakarsantri.

KSH RW 7 Lidah Kulon didampingi pihak puskesmas dan Kelurahan Lidah Kulon mengunjungi beberapa rumah di RT 5, RW 7 Lidah Kulon, Kecamatan Lakarsantri.

Eka Febrijanto, sanitarian Puskesmas Lidah Kulon, menerangkan bahwa setiap KSH bertanggung jawab atas sekitar 25 kepala keluarga.

’’Mereka itu fleksibel untuk pendampingan seperti ini. Hanya beberapa rumah yang diperiksa. Selebihnya, KSH yang menyesuaikan kondisi,’’ tutur Eka.

Kunjungan tersebut dilakukan pada pagi sehingga warga yang masih aktif bekerja akan dikunjungi di waktu yang berbeda. Rumah warga akan dicek di bagian kamar mandi serta tempat-tempat yang memungkinkan adanya genangan.

’’Kami cek kamar mandinya, ada bak atau shower, lalu dispenser, dan kemungkinan-kemungkinan lain,’’ jelas anggota KSH RW 7 Kelurahan Lidah Kulon Yanti Irmatul Ilmiyah.

Eka juga mengungkapkan bahwa dengan adanya KSH, warga yang perlu bantuan itu jadi lebih cepat terdeteksi. Meski sudah ada kunjungan rutin, kesadaran diri itu yang terpenting. Minggu (12/3) warga RW 3 Kelurahan Lidah Kulon, Kecamatan Lakarsantri, kecolongan. Salah seorang warganya berusia 4 tahun terjangkit demam berdarah.

By admin