JawaPos.com – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly mendorong para pegawai di lingkungan Kemenkumham dan Ditjen Pas agar mau mengembangkan diri. Termasuk jika berminat menjadi atlet profesional di cabang menembak.

Hal itu disampaikan Yasonna saat membuka Shooting Tournament Tahun 2023 dalam rangka Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke-59 di Lapangan Tembak Pengayoman, Kota Tangerang, Banten, Sabtu (18/3).

”Kami berharap dengan penyelenggaraan kegiatan ini bisa menciptakan atlet-atlet profesional, selain untuk meningkatkan kemampuan mengendalikan diri karena menembak itu perlu fokus para pegawai,” kata Yasonna.

Yasonna menyatakan, kegiatan ini dapat dimanfaatkan sebagai ajang silahturahmi dengan mitra-mitra lembaga pemasyarakatan. ”Kegiatan seperti ini akan mempererat hubungan kita tak hanya dengan mitra di pemerintahan tapi juga di kalangan swasta dan juga ekspertariat asing. Lihat mereka begitu antusias di kegiatan ini,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Yasonna menyampaikan saat ini Ditjen Pas telah mengalami perkembangan. Sehingga sedang terjadi transformasi besar dan terjadi pergeseran paradigma dari sistem kepenjaraan menjadi sistem pemasyarakatan.

“Pemasyarakatan bukan lagi sekadar bagian akhir dalam sistem leradilan pidana di Indonesia, namun hadir dalam setiap tahapan proses peradilan yang dijabarkan dalam tugas dan fungsi Pemasyarakatan melalui sebuah sistem pemasyarakatan,” ucapnya.

“Peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-59 tahun 2023 ini diharapkan jadi momentum penting seluruh jajaran Pemasyarakatan untuk semakin mengukuhkan komitmennya dalam mencapai tujuan Pemasyarakatan,” imbuh Yasonna.

Sementara itu, Dirjen Pas Kemenkumham, Reynhard Silitonga menambahkan, kegiatan ini diharapkan semakin meningkatkan sinergitas jajaran petugas dan stakeholder terkait. Selain untuk mengasah kemampuan menembak, juga bisa meningkatkan sportivitas.

“Kegiatan ini penting untuk meningkatkan bakat, minat dan kompetensi di bidang keterampilan menembak dan juga menumbuhkan jiwa sportifitas dan meningkatkan tali silaturahmi serta kebersamaan petugas di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM,” ucap Reynhard.

Kegiatan ini merupakan acara kedua dalam peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan. Pada pekan lalu, telah dilaksanakan Pembukaan Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-59 yang dilaksanakan di Lapas Narkotika Kelas IIA Cipinang.

By admin