JawaPos.com–Anies Rasyid Baswedan berziarah ke makam pencetus nama Nahdlatul Ulama (NU) KH Mas Alwi, di Tambakrejo, Simokerto, Surabaya, Sabtu (18/3) malam.

Napak tilas kali ini dilakukan Anies sebagai cara dia menghormati pendiri NU, sekaligus mengenang perjuangan Kiai Mas Alwi.

”Jadi saya dalam perjalanan kembali dari Madura, ziarah ke Makam KH Mas Alwi. Nah, KH Mas Alwi ini adalah orang yang mencetuskan nama Nahdlatul Ulama,” ujar Anies.

Anies menyebut, banyak hal bisa dipelajari dari kisah dan sejarah yang dibuat KH Mas Alwi. ”Kami ziarah ke sini untuk menghormati, dan memberikan pesan kepada semua, kepada diri kita semua. Jika karya-karya yang kita hasilkan itu punya dampak panjang, dan salah satunya adalah KH Mas Alwi,” tambah Anies Baswedan, mantan Menteri Pendidikan RI.

Besok (19/3) menjadi hari terakhir Anies di Surabaya. Anies menyatakan pola demokrasi warga Jawa Timur memberikan kesan yang berbeda.

Dia menilai jika simpul-simpul pejuang mulai dari kaum intelektual, petani, hingga buruh menyuarakan satu perubahan untuk merdeka pada 1945.

By admin