JawaPos.com – Pengangguran merupakan salah satu masalah yang dialami negara-negara dunia, termasuk Indonesia. Berdasarkan data terakhir oleh Badan Pusat statistik (BPS), jumlah pengangguran di Indonesia dilaporkan mencapai 8,42 juta orang pada Agustus 2022. Porsi pengangguran tersebut mewakili 5,86 persen dari total angkatan kerja nasional.

Pengangguran paling banyak berasal dari kelompok usia 20-24 tahun, yakni sebanyak 2,54 juta orang. Angka ini juga setara dengan 30,12 persen dari total pengangguran nasional. Pada periode tersebut, jumlah orang yang tidak punya pekerjaan dan mencari pekerjaan di Indonesia naik dari 8,40 juta orang pada Februari 2022.

Masih akan tinggi, ketidakpastian ekonomi akibat pandemi Covid-19, perang Rusia-Ukraina, lonjakan inflasi, hingga suku bunga tinggi yang melanda dunia pada 2023 disebut bisa mempengaruhi tingkat pengangguran, termasuk di negara-negara Asia Tenggara. Oleh karenanya, orang-orang yang memasuki usia angkatan kerja perlu mulai disiapkan.

Masih berdasarkan data BPS, lulusan SMK menjadi pengangguran tertinggi di Indonesia dengan total sebesar 9,42 persen. Merespon pada isu sosial ini, PT Mitra Pinasthika Mustika Rent (MPMRent) turut ambil bagian memberikan ruang keterampilan kepada siswa-siswi dari SMK dengan melakukan Penandatanganan Kerja Sama antara MPMRent dengan SMK Negeri 2 Palembang.

Triatmoko N.J., HRGA & Manpower Business Vice President MPMRent mengatakan, inisiatif ini menjadi bentuk kepedulian MPMRent akan kebutuhan lapangan kerja maupun tempat bagi siswa-siswi tingkat akhir untuk mempraktikkan ilmunya secara langsung.

“Kegiatan ini adalah salah satu program CSR MPMRent dalam bidang Pendidikan. Kami berkomitmen untuk meningkatkan mutu dan keterampilan generasi muda SMK agar mampu bersaing memasuki dunia kerja,” ujarnya melalui keterangannya.

Dia melanjutkan, program yang telah dilaksanakan sejak tahun 2019 ini akan terus dilanjutkan di beberapa kota
besar lain dengan SMK unggulan berbasis otomotif, kendaraan ringan dan mesin, serta perguruan tinggi di mana kegiatan operasional MPMRent berada, sebagai bagian dari pemerataan kegiatan serta menjadi kesempatan bagi tiap insan dengan potensi terbaiknya untuk berkarir di MPMRent.

Dalam acara penandatangan ini, diadakan juga talk show ‘Career Talk with MPMRent: Prepare your future for the right path’ yang diikuti oleh lebih dari 170 siswa SMK Negeri 2 Palembang. Seminar ini membahas mengenai lika-liku bekerja, khususnya tips berkarir di dunia otomotif, sehingga para siswa dapat mempersiapkan diri menghadapi persaingan yang semakin ketat di dunia kerja.

By admin