JawaPos.com – Samsung dilaporkan sedang menguji desain engsel baru untuk smartphone Galaxy Z Fold 5 mendatang, yang akan dirilis pada paruh pertama tahun 2023. Engsel baru, yang disebut engsel “waterdrop” ini akan memungkinkan layar untuk lebih lentur dan tidak tegang saat dilipat.

Dilansir dari The Elec, desain ini dikatakan menawarkan banyak keuntungan. Termasuk lipatan yang tidak terlalu terlihat pada layar dan tidak ada celah saat ponsel dilipat, hal ini dikarenakan engsel bisa membuat layar seolah tampak lebih lentur.

Selain itu, salah satu keuntungan paling signifikan dari desain engsel baru ini adalah memungkinkan Galaxy Z Fold 5 menjadi lebih tipis dari pendahulunya. Laporan tersebut mengklaim bahwa ponsel akan memiliki ketebalan 14mm atau kurang, dibandingkan dengan ketebalan maksimum Galaxy Z Fold 4 yang hanya 15,8mm.

Namun, laporan tersebut mencatat bahwa uji lipat Samsung tertinggal dari beberapa pesaingnya. Oppo, misalnya, menjanjikan 400.000 lipatan pada ponsel Find N2 dan Find N2 Flip- nya , dua kali lipat jumlah yang dijanjikan Samsung.
Namun demikian, Samsung bertujuan untuk mempertahankan hampir 85 persen kekuatan awal ponsel setelah 200.000 lipatan.

Desain engsel baru Samsung saat ini sedang dalam tahap pengujian “final”, dengan perusahaan diharapkan untuk menyelesaikan desain setelah pengujian selesai. Perusahaan juga akan menguji keandalan engsel baru dan panel layar dengan melipat ponsel antara 200.000 dan 300.000 kali.

Secara keseluruhan, desain engsel Samsung yang ditingkatkan untuk Galaxy Z Fold 5 menunjukkan komitmen berkelanjutannya terhadap inovasi di pasar smartphone lipat . Karena semakin banyak perusahaan merilis perangkat lipat mereka sendiri, Samsung perlu terus mendorong batasan untuk tetap menjadi yang terdepan dalam persaingan.

Menurut laporan terbaru, Samsung Galaxy Z Fold 5 mendatang akan menampilkan prosesor Qualcomm Snapdragon 985 5G baru. Chip ini sendiri dibuat berdasarkan proses fabrikasi 4 nm yang secara ukuran memungkinkannya lebih hemat daya namun lebih cepat.

Selain itu, Galaxy Z Fold 5 kemungkinan akan tiba dalam varian penyimpanan 256 GB, 512 GB, dan 1 TB. Soal kamera juga diprediksi ponsel lipat Samsung generasi selanjutnya ini akan menampilkan unit tiga kamera dan kamera depan 12 megapiksel.

By admin