JawaPos.com – Jalur kereta api Bogor–Sukabumi yang berada di antara Stasiun Paledang dan Batutulis mengalami longsor pada Selasa (14/3) pukul 21.00 WIB. Longsor akibat tingginya intensitas hujan tersebut terjadi pada bidang jalur sepanjang 25 meter, kedalaman 8 meter, dan lebar 5,7 meter.

Direktur Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Risal Wasal menerangkan, akibat longsor tersebut, KA Pangrango rute Paledang–Sukabumi sempat diberhentikan sementara. Namun, kemarin sudah berhasil dilakukan uji coba dengan menjalankan kereta api berkecepatan 10 km/jam.

”Kegiatan uji coba operasional ini dilakukan pada jalur operasi sementara yang memanfaatkan jalur hilir yang tidak terdampak langsung oleh longsor,” jelasnya kemarin (16/3).

Rel ambles hingga kemarin belum diperbaiki. (FOTO: SOFIANSYAH/RADAR BOGOR)

Dia menerangkan, pihaknya telah memperkuat dinding tanah di samping jalur rel yang mengalami longsor. Uji coba juga dilakukan setelah pergerakan tanah berkurang dan dirasa aman. Namun, kecepatan KA dibatasi agar tidak memicu pergerakan tanah susulan. ”Pasca uji coba ini, layanan KA Pangrango lintas Bogor Paledang–Sukabumi dapat dibuka untuk umum,” terangnya.

By admin