JawaPos.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menyediakan mudik gratis jalur laut pada periode Lebaran tahun 2023/1444 H khusus sepeda motor. Adapun kuota yang disediakan sebesar 10.000 unit kendaraan roda dua.

Direktur Lalu Lintas Angkutan Laut Kemenhub Hendri Ginting merinci kuota yang disediakan itu terdiri dari 5.000 unit untuk arus mudik. Lalu, 5.000 unit disediakan untuk arus balik.

“Untuk mudik gratis, totalnya kita persiapkan 5.000, jadi 10.000 pulang pergi (PP) dengan dua kali pergerakan,” kata Hendri Ginting saat Media Briefing terkait Kesiapan Penyelenggaraan Angkutan Lebaran Tahun 2023, di Kementerian Perhubungan, Kamis (16/3).

Ia menjelaskan, pelaksanaan mudik gratis jalur laut ini akan dilaksanakan dalam dua periode yakni pada tanggal 15 dan 17 April untuk arus mudik. Sedangkan tanggal 25 dan 28 April bagi arus balik lebaran 2023.

Adapun untuk rute mudik gratis jalur laut ini hanya tersedia untuk Jakarta-Semarang dan sebaliknya. Dikatakan Hendri, pelaksanaan mudik gratis ini dilakukan sebagai usaha pemerintah untuk menjamin keselamatan masyarakat dan mengurai kemacetan kendaraan.

Di sisi lain, Hendri menyebut, puncak arus mudik angkutan laut diperkirakan bakal terjadi pada tanggal 21 April. Sedangkan puncak arus balik di tanggal 25 April 2023.

“Mudik gratis ini merupakan usaha pemerintah melalui Kemenhub, bagaimana saudara-saudara kita bisa lebih mengurai kendaraan. Supaya tidak sampai pada puncaknya, mereka sudah di rumah masing-masing dengan posisi sehat sampai semuanya,” jelas Hendri.

Sementara itu, Hendri menegaskan, pendaftaran mudik gratis ini dilakukan melalui dua skema yakni online dan offline. Untuk online mulai berlaku pada tanggal 20 Maret sampai 5 April 2023.

Sedangkan offline dimulai pada tanggal 6 sampai 16 April 2023. Adapun lokasi dan verifikasinya di terminal Penumpang Nusantara Pelabuhan Tanjung Priok dan Kementerian Perhubungan, Gedung Cipta Lantai Dasar.

“Tadi untuk persiapan sudah membuka pendaftaran. Online sampai 5 April, verifikasi dan lokasi ada di terminal Plumpang, Tj Priok dan di kantor pusat,” tandasnya.

By admin