JawaPos.com – Setelah menjalani perawatan intensif di RSUP Fatmawati, Jakarta Selatan, karena infeksi paru-paru, aktris senior Nani Wijaya mengembuskan napas terakhirnya Kamis (16/3) pagi. Pemeran Emak di sitkom Bajaj Bajuri itu meninggal pada usia 78 tahun.

Sekitar dua minggu di RS, kondisi Nani sempat naik turun. Selain karena serangan penyakit, juga lantaran dia mengalami penurunan ingatan di usia senjanya.

’’Ibu kan demensia. Organ tubuhnya juga nggak terlalu responsif. Akhirnya ke ruangan ICU,’’ papar Cahya Kamila, salah satu anak Nani.

Di ICU, anggota Golden Girls itu memakai alat bantu pernapasan. Namun, beberapa hari terakhir, kondisi Nani menurun. ’’Tensinya semakin rendah. Infeksinya belum sembuh, ditambah ada bakteri. Ya, lama-lama menurun,’’ imbuh Cahya.

Putri Nani yang lain, Nina, menyebut sang ibu sudah lama tak bisa beraktivitas akibat permasalahan di paru-parunya. Dia juga mengalami gangguan di kepala. Kondisi itu membuat Nani hanya bisa menghabiskan waktu di tempat tidur.

’’Jadi, anggota tubuh sebelah kiri ibu sudah lama kakinya nggak bisa gerak. Karena faktor penyumbatan di otaknya,’’ jelas Nina.

Nani dimakamkan di TPU Karang Tengah, Bogor, Jawa Barat. Pihak keluarga tak memiliki alasan khusus memilih lokasi itu sebagai tempat peristirahatan terakhirnya selain karena dekat dengan rumah keluarga.

Bagi Nina, Nani adalah ibu yang bersahaja dan layak dijadikan panutan. Meski aktif di dunia hiburan, aktris berdarah Cirebon itu tak pernah mengesampingkan kewajibannya sebagai istri dan ibu.

’’Sesibuk apa pun, kalau janji nggak pernah diingkari. Walaupun syuting, masih sempat ngumpul bareng sama keluarga. Alhamdulillah,’’ terang Nina.

Nani memulai karier di dunia akting pada 1960. Selama hampir tujuh dekade, dia telah membintangi puluhan hingga ratusan film dan sinetron. Pada 2021, Nani sempat ikut bermain di serial TV Cinta Mulia sebagai Oma Risma.

By admin