JawaPos.com – Sore itu suara musik aerobik yang keras menggema di ruang fitness Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) Universitas Negeri Surabaya (Unesa), diikuti gerakan heel touch (menyentuhkan tumit) oleh para anggota. ’’Satu, dua, tiga, …,’’ teriak instruktur senam Diah Sumekar.

Itu adalah aktivitas yang dilakukan komunitas Fit and Fun Place yang lahir pada 2002. Awalnya hanya sebuah unit kegiatan mahasiswa (UKM) senam aerobik Unesa. Namun, sejak 2005, UKM senam aerobik berkembang menjadi sebuah komunitas, dengan anggota yang berasal dari berbagai latar belakang.

’’Tak hanya mahasiswa, ada ibu rumah tangga, dosen, wiraswasta, semuanya ikut,’’ terang Diah Sumekar, instruktur senam sekaligus ketua komunitas Fit and Fun Place.

Arti fit and fun place adalah tempat berkumpulnya olahragawan yang sehat dan bahagia. Senam itu menyehatkan, senam itu harus bahagia. ’’Senam untuk sejenak melepas penat dan beban setelah seharian beraktivitas,” jelasnya.

Hingga saat ini, anggota komunitas terus berkembang. Berawal hanya 5 orang, sekarang bertambah menjadi 50 orang. Dari jumlah tersebut, seperlimanya merupakan laki-laki. ’’Jadi, semua gender bisa melakukan senam,’’ tambah Diah yang dijumpai Rabu (8/3) lalu.

Komunitas Fit and Fun Place memiliki agenda rutin latihan, setiap Senin dan Rabu pukul 16.00 hingga 17.00 di ruang fitness FIKK UNESA. Setiap latihan tidak ada biaya yang dikenakan. ’’Saat ini masih free, semua bisa ikut,’’ ucapnya.

Ketika latihan, tidak ada ketentuan pakaian yang dikenakan. Hanya, direkomendasikan memakai baju khusus olahraga. Tentunya agar mudah menyerap keringat saat melakukan gerakan senam.

Diah menjelaskan, selain mendorong anggotanya untuk tetap berolahraga, Fit and Fun Place bertujuan mencetak instruktur senam. Ini dibuktikan dengan keberhasilan komunitas dalam membentuk 10 anggota menjadi instruktur senam. Setelah menjadi instruktur, para anggota sering kali mendapat panggilan memimpin senam. Dalam seminggu setiap instruktur bisa mendapatkan empat hingga lima kali undangan.

Salah satu tim pelatih Fit and Fun Place Fransisca Tyas mengatakan, ada beberapa jenis gerakan dalam senam aerobik, mulai dari pemanasan, inti, kreasi, hingga pendinginan. Sering kali anggota baru agak sulit menyesuaikan gerakan dengan lagu. ’’Rata-rata baru bisa menyesuaikan setelah dua minggu,’’ paparnya.

Olahraga Bahagia ala Fit and Fun Place

– Awalnya, pada 2002, adalah UKM senam aerobik Unesa.

– Pada 2005 berubah menjadi komunitas.

– Anggotanya beragam. Mulai mahasiswa sampai pengusaha.

– Latihan dua pekan sekali di ruang fitness FIKK Unesa.

– Member awal 5 orang, sekarang 50 orang.

– Sementara ini latihan tidak dipungut biaya.

By admin