JawaPos.com – Sebanyak delapan klub sudah memastikan langkah mereka menuju babak perempat final Liga Champions musim ini. Kini, pertanyaan menyeruak apa yang bakal terjadi selanjutnya?

Babak 16 besar Liga Champions 2022/2023 telah tuntas pada Kamis (16/3/2023) dini hari WIB, di mana delapan tim telah dipastikan lolos ke perempat final.

Tim pertama yang lolos adalah Benfica setelah menghajar Club Brugge dengan agregat 7-1. Chelsea berhasil bangkit dari kekalahan 0-1 di leg pertama dan melaju ke perempat final setelah mengalahkan Borussia Dortmund 2-0 di leg kedua.

Bayern Muenchen sukses mendepak Paris Saint-Germain (PSG) dengan agregat 3-0. AC Milan melaju ke perempat final Liga Champions untuk pertama kalinya sejak 11 tahun setelah menang agregat 1-0 dari Tottenham Hotspur.

Inter Milan menyusul rival sekotanya ke babak selanjutnya usai menang agregat 1-0 atas wakil Portugal, Porto. Meski sempat bermain imbang 1-1 di leg pertama, Manchester City melenggang ke perempat final dengan agregat besar 8-1 setelah membantai RB Leipzig 7-0 di leg kedua.

Real Madrid mengamankan tiket ke perempat final dengan agregat 6-2 atas Liverpool, sementara Napoli menang agregat 5-0 atas Eintracht Frankfurt.

Namun, penentuan langkah mereka sedikit banyak akan dipengaruhi hasil undian perempat final nanti. Jadwal undian rencananya akan digelar pada Jumat (17/3/2023) pada pukul 18.00 WIB.

Undian itu akan menentukan apakah derbi Milan akan terjadi? Atau, Chelsea akan langsung bertemu Manchester City. Yang jelas, para pemangku kepentingan dari delapan klub itu, termasuk para suporter mereka diyakini tak sabar menanti hasil undian.

Satu hal yang pasti bahwa dalam undian nanti sudah tak ada lagi tim lemah, termasuk Napoli yang sempat dianggap remeh sebelumnya. I Partenopei memang memecahkan sejarah untuk pertama kalinya main di perempat final Liga Champions, tapi mereka membuktikan kelayakan mereka menjadi penjegal serius tim lawan mereka nanti.

Pelatih Napoli, Luciano Spalletti, membenarkan timnya siap menghadapi siapapun. Pelatih berkepala plontos ini menyatakan bahwa tim asuhannya lebih mengandalkan kekuatan sendiri ketimbang membahas siapa lawan yang harus dihadapi di perempat final nanti.

“Terpenting sekarang adalah membangun chemistry yang sudah bagus ini. Kami sudah melenggang jauh dan kami tentunya ingin terus melangkah lebih jauh,” tutur Spalletti, dikutip Football Italia.

By admin