JawaPos.com – Gol tunggal Riko Simanjuntak membawa Persija Jakarta meraih kemenangan penting 1-0 atas PSIS Semarang. Kemenangan itu membawa Macan Kemayoran berhasil menggeser posisi Persib Bandung di klasemen sementara Liga 1 musim ini.

Bermain di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kamis (16/3/2023), Riko membawa Persija unggul pada menit ke-12. Kemenangan itu membuat Persija menempati posisi 2 menggusur posisi Persib.

Persija kini memiliki 54 poin dari 29 pertandingan. Mereka unggul satu angka atas Persib yang masih menyisakan satu laga. Sementara bagi PSIS, kekalahan itu membuat mereka tertahan di peringkat ke-11 dengan koleksi 35 poin.

Jalannya pertandingan

Persija Jakarta mengawali babak pertama dengan langsung menyerang pertahanan PSIS. Beberapa kali Riko berinisiatif melakukan pola serangan ke gawang PSIS.

Kerja keras Persija akhirnya membuahkan hasil ketika Riko berhasil melepaskan diri dari para pemain Laskar Mahesa Jenar. Riko mencatat namanya di papan skor pada menit ke-12.

Berawal dari aksi Firza Andika yang melakukan penetrasi dari sisi kanan. Firza kemudian langsung mengirim umpan cut back ke arah kotak penalti, Ricko yang menerima umpan berhasil menendang bola ke dalam gawang.

Persija nyaris menggandakan kedudukan pada menit ke-20. Krmencik yang sudah berhadapan satu lawan satu dengan kiper, setelah berhasil melewati Adi Satryo, gagal mencetak gol setelah tendangannya digagalkan pemain bertahan PSIS.

Sementara PSIS bukan tanpa aksi membalas gol tersebut. Penetrasi Taisei Marukawa dari sisi kiri, kemudian melepaskan tendangan ke gawang Andritany, sempat memberikan ancaman. Namun, tendangan itu berhasil ditepis Andritany Ardhiyasa.

Persija langsung melakukan serangan sejak peluit babak kedua dibunyikan. Namun, penampilan apik dari Adi Satryo membuat Persija gagal menggandakan goal di menit awal babak kedua.

Sementara Carlos Fortes sengaja dimasukkan demi menambah ketajaman PSIS. Masuknya Fortes sempat memberikan warna baru dalam permainan Laskar Mahesa Jenar di babak kedua.

PSIS terbukti berulang kali melakukan tekanan terhadap pertahanan Persija. Namun, upaya itu masih dapat digagalkan Andritany yang tampil cemerlang di laga tersebut.

Tambahan waktu lima menit pun tak mengubah skor pertandingan. Hasil akhir, Persija berhasil memutus rentetan hasil buruk setelah menang tipis atas PSIS.

By admin