JawaPos.com – Eksistensi anggota geng di Kota Surabaya belum hilang. Dalam dua pekan terakhir, polisi sampai tiga kali membubarkan tawuran antarkelompok. Total, ada enam remaja yang ditangkap.

Tawuran kali terakhir terjadi di Jalan Banyu Urip Senin (13/3). Aksi itu melibatkan Geng Tim Barat Kacaw dengan Selatan 21 Enjoy. Kedua kubu langsung membubarkan diri begitu melihat kedatangan polisi.

Kapolrestabes Surabaya Kombespol Akhmad Yusep Gunawan menyatakan, pihaknya tidak tinggal diam dengan maraknya aksi tawuran antargeng.

Berbagai upaya dilakukan agar para pelakunya tidak mendapat ruang gerak. Salah satunya adalah menggencarkan patroli malam di titik rawan. ”Jajaran polsek juga bergerak. Dilakukan setiap malam,” ujarnya.

Yusep menyampaikan, upaya lain yang dijalankan adalah patroli siber. Sebab, mayoritas kelompok perusuh itu memanfaatkan media sosial untuk berkomunikasi. Termasuk saling tantang antarkubu.

”Identifikasi kami lakukan terhadap akun yang mencurigakan sebagai langkah pencegahan,” ungkapnya.

Menurut dia, masih eksisnya kelompok perusuh itu perlu mendapat perhatian bersama. Sebab, berdasar analisis, sebagian besar pelakunya adalah anak di bawah umur. Bahkan, kebanyakan tidak saling kenal meski satu kelompok.

”Hanya ikut-ikutan teman. Pergaulannya salah,” katanya.

Yusep mengimbau para orang tua untuk memberikan pengawasan ekstra terhadap keseharian anak. Khususnya yang berusia remaja. ”Masa saat anak ingin mencoba hal baru. Harus dijaga agar tidak terjerumus pergaulan yang salah,” tuturnya.

Kasatintelkam Polrestabes Surabaya AKBP Edi Hartono menjelaskan, satuannya sudah memetakan titik rawan tawuran antar-anggota geng. Termasuk waktu dan modus kelompok mereka berkumpul. ”Bagian dari upaya deteksi dini,” katanya.

Satintelkam, kata dia, juga membentuk tim khusus. Anggotanya sengaja siaga sejak malam sampai pagi untuk mendeteksi keberadaan kelompok perusuh. ”Dalam prosesnya, tim melibatkan stakeholder terkait dan masyarakat yang peduli dengan keamanan kota ini,” jelasnya.

TAWURAN ANTAR-ANGGOTA GENG

Kamis (2/3)

TKP: Jalan Rajawali

Kubu terlibat: Tim Orang Stres dan Jawara

Selasa (7/3)

TKP: Jalan Kedung Cowek

Kubu terlibat: Tojok 21 Surabaya dan F021RT

Senin (13/3)

TKP: Jalan Banyu Urip

Kubu terlibat: Tim Barat Kacaw dan Selatan 21 Enjoy

By admin