JawaPos.com – Perusahaan charging station kendaraan listrik, Casion, menargetkan membangun total 300 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pada 2023. Hingga saat ini, Casion telah menghadirkan total 15 tempat pengisian daya kendaraan listrik yang tersebar di Jabodetabek. Dalam waktu dekat, total tambahan 90 SPKLU bakal dibangun.

“Target kita untuk 2023, kita mau ada instalasi sekitar 300 lokasi charging station,” kata CEO Casion, Kevin Pudjiadi dalam konferensi pers di Jakarta.

Untuk sementara waktu, Kevin menyebut SPKLU tersebut akan dibangun hanya di wilayah Jabodetabek dengan pertimbangan jumlah sumber daya manusia. Standar kualitas pelayanan yang masih dipertahankan juga menjadi alasan perusahaan swasta itu membuka SPKLU di luar Jabodetabek masih dalam rencana.

“Lokasinya kita sekarang hanya di Jabodetabek, karena prinsip saya servis itu paling penting. Kalau buka di kota lain saya harus punya tim yang kuat untuk memastikan servis kepada masyarakat dengan standar yang paling tinggi,” ujar Kevin.

Meski begitu, Kevin mengatakan tidak menutup kemungkinan untuk membuka lokasi baru di kota lain, salah satunya Bandung. “Rencananya kita mau memulai dulu paling tidak di akhir tahun coba dulu di Bandung, lalu pelan-pelan tambah jauh juga,” imbuh Kevin.

Dalam waktu dekat, total tambahan 90 SPKLU akan siap dibangun Casion. “Kita sudah ada persetujuan untuk 90 lokasi, jadi hanya tinggal kita pasang saja,” sebut Kevin.

SPKLU Unik dengan Gaet Seniman Lokal

Casion juga baru saja meluncurkan SPKLU baru dengan konsep unik sarat akan seni. Tempat pengisian daya kendaraan listrik yang berlokasi di basement Lotte Shopping Avenue, Karet Kuningan, Jakarta Selatan itu didesain oleh empat seniman yakni Karafuru by Museum of Toys, Naufal Abshar, Tutugraff, dan Rizal Hasan.

“Kami berkomitmen memberikan fasilitas dan prasarana untuk membantu masyarakat yang beralih ke kendaraan listrik, dengan konsep yang lebih hidup serta memberikan kesan praktis dan mudah digunakan,” ujar Kevin.

casion, spklu
Casion baru saja meluncurkan SPKLU baru dengan konsep unik sarat akan seni. (Dessy Indriani/JawaPos.com)

Keempat seniman bidang seni rupa tersebut mengusung konsep kontemporer pada setiap desain. Dua dari tiga slot SPKLU itu disulap menjadi lebih menarik dengan sentuhan mural dan instalasi bentuk robot.

Co-Founder Karafuru by Museum of Toys, Brandon Salim mengaku senang dan mengapresiasi konsep perusahaan swasta itu dalam pembangunan charging station yang tidak hanya mengedepankan keamanan namun juga melibatkan para seniman.

“Setelah instalasi itu jadi, banyak teman-teman yang jadi tertarik untuk memiliki kendaraan listrik karena tempat pengisian dayanya yang keren,” kata Brandon.

Dengan kehadiran SPKLU, Brandon berharap ada perubahan pola pikir masyarakat yang semakin mementingkan keramahan lingkungan dan lebih banyak lagi yang beralih ke kendaraan listrik. Adapun charging station yang berada di kawasan pusat perbelanjaan dan apartemen tersebut bekerja sama dengan Ciputra Group dan didukung oleh pemerintah dan PLN Icon Plus.

Staf Khusus Presiden RI, Diaz Hendropriyono, turut hadir meresmikan charging station tersebut. “Ini suatu hal bagus, harus disambut baik oleh pemerintah, karena bisa menambah jumlah charging station yang telah ada di Indonesia. Jadi adanya infrastruktur ini kami berterima kasih telah membantu mencapai tujuan Presiden (Jokowi),” ungkap Diaz.

By admin