JawaPos.com – Peluang Arsenal lolos ke perempat final Liga Europa masih fifty-fifty.

Hasil seri 2-2 di kandang Sporting CP, Estadio Jose Alvalade, Lisbon (10/3), membuat Arsenal tidak punya pilihan selain menang dalam second leg 16 besar di Emirates Stadium, London, dini hari nanti (siaran langsung SCTV/Champions TV 2/Vidio pukul 03.00 WIB).

Tactician Arsenal Mikel Arteta menyatakan, Liga Europa sama pentingnya dengan Premier League.

Meski, seandainya tersingkir dari Liga Europa, The Gunners –sebutan Arsenal– bisa fokus sepenuhnya memburu gelar juara Premier League kali pertama setelah dua dekade.

Sampai matchweek ke-27 atau sisa 11 laga lagi, Arsenal masih memuncaki klasemen dengan keunggulan lima angka (66-61) atas juara bertahan Manchester City.

Hanya dua ajang itu yang masih diikuti Arsenal seiring sudah kandas di Piala Liga (putaran ketiga) maupun Piala FA (putaran keempat).

”Sama-sama prioritas (Premier League dan Liga Europa, Red). Kami selalu mempersiapkan diri menghadapi kompetisi apa pun untuk memenangi setiap laga sehingga akan meningkatkan kepercayaan diri dalam menatap laga berikutnya,” tutur Arteta di laman resmi klub.

Arsenal merupakan satu di antara tiga klub pemuncak klasemen liga elite Eropa yang masih bertahan dalam fase knockout ajang Eropa musim ini.

Dua lainnya adalah Bayern Munchen (Bundesliga) dan SSC Napoli (Serie A) yang sama-sama sudah mem-booking tiket perempat final Liga Champions.

Di antara klub Premier League, hanya Manchester United yang mampu mengawinkan gelar juara Premier League dengan ajang Eropa.

United bahkan dua kali menorehkannya ketika memenangi Premier League sekaligus membawa pulang Si Kuping Lebar –sebutan trofi juara Liga Champions– pada musim 1998–1999 dan 2007–2008.

Berbeda dengan Arsenal, Sporting CP tidak terlalu sukses di liga domestik alias Primeira Liga. Leos –sebutan Sporting CP– hanya menduduki peringkat keempat dengan terpisah tujuh angka dari pemuncak klasemen SL Benfica.

Situasi itulah yang disebut membuat pelatih Sporting CP Ruben Amorim ingin memburu juara di Liga Europa musim ini. Dikutip di laman resmi UEFA, Amorim mengklaim klubnya masih bisa membuat kejutan di Emirates Stadium dini hari nanti.

”Kuncinya, kami harus lebih kuat dalam bertahan. Setelah hasil imbang di Lisbon, saat ini saya merasa yakin kami jauh lebih kuat. Kami masih bisa lolos dari fase ini,’’ koar Amorim yang sudah mengoleksi 4 gelar selama 3 tahun menangani Sporting CP.

 

By admin