JawaPos.com – Perlu Anda ketahui juga bahwa masuknya air ke dalam mesin atau sistem pelumasan tidak selalu terjadi karena banjir. Proses pencucian mobil yang tidak benar juga akan membuat air masuk.

Jadi perlu diperhatikan dengan baik, apakah saat mencuci mobil ada air yang masuk ke mesin.

Cara mencuci mobil yang benar-benar bisa jadi salah satu cara untuk mencegah masalah water hammer yang bisa diikuti. Namun ada beberapa tips lainnya yang bisa Anda perhatikan sebagai berikut.

  1. Hindari area banjir

Cara yang paling berdampak besar adalah menghindari daerah banjir. Apalagi jika air yang menggenang cukup tinggi di atas 50 cm. Genangan air ini akan mempermudah air masuk melalui beberapa bagian mobil tanpa Anda sadari.

Jika terjadi hujan deras dan Anda sudah tahu daerah tersebut banjir sebaiknya carilah alternatif jalan yang lainnya.

  1. Jangan berkendara saat arus deras

Selain daerah banjir, Anda juga harus berhenti berkendara saat terdapat arus yang sangat deras. Misalnya saja Anda sedang berkendara di wilayah gunung dan terjadi hujan deras. Arus air yang deras bisa saja terjadi di jalanan menanjak.

Anda pasti tidak sadar bahwa arus deras ini bisa saja masuk melalui knalpot mobil. Selain itu berkendara saat hujan deras di area yang terjal juga bisa menimbulkan kecelakaan. berhenti dan melanjutkan perjalanan nanti.

  1. Mengendalikan kecepatan kendaraan

Jika terpaksa harus melewati area banjir, ada tips yang bisa Anda ikuti yaitu mengendalikan kecepatan mobil. Genangan udara mungkin saja masih di knalpot, tapi dengan kecepatan yang stabil maka udara tidak akan masuk ke dalam knalpot.

Anda hanya perlu menginjak gas dengan stabil sehingga udara tidak masuk. Cukup sulit memang mengendalikan gas apalagi jika Anda melewati area banjir dan macet.

  1. Mengecek kendaraan setelah melintasi banjir

Jika Anda berhasil melewati banjir dan mobil tidak mogok, bukan berarti kondisi mobil baik-baik saja. Anda harus memastikan kondisinya di bengkel  terdekat.

Sehingga jika terdapat air yang masuk ke mesin dan belum merusak komponen mesin bisa langsung diperbaiki. Kesimpulannya jangan tunggu beberapa hari untuk mengecek komponen mesin bila mobil Anda setelah melewati area banjir.

By admin