JawaPos.com – Suzuki S-Presso perdana meluncur pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Agustus 2022. Namun sayang, kemunculan perdanannya masih kurang memikat hati konsumen karena minimnya fitur yang diberikan Suzuki.

Namun dari segi desain termasuk dimensi, Suzuki S-Presso sangat cocok sebagai mobil kaum urban modern yang akrab dengan kemacetan. Melihat hal ini Suzuki tak mau menunggu lama mengubah strategi dengan memunculkan Suzuki S-Presso dengan penyegaran baik mesin maupun fitur.

Mobil dengan memiliki ukuran 3.565 mm x 1.520 mm x 1.565 mm, menjadikan S-Presso sebuah city car dengan dimensi kompak sehingga lincah saat bermanuver di jalanan yang padat dan sempit.

Suzuki S-Presso yang terpanjang di ajang Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 telah mengalami beberapa penyegaran, terutama pada sektor dapur pacu. Dengan penyegaran pada bagian mesin ini Suzuki mengklaim lebih irit dalam konsumsi BBM.

Menurut Donny Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bahwa Suzuki memberikan peningkatan di sektor dapur pacu dengan menggunakan mesin baru berkode K10C.

“Walaupun mempunyai kapasitas yang sama yaitu 1.000 cc, namun lebih ramah lingkungan serta efisien,” ujarnya.

Di atas kertas penggunaan mesin baru ini mampu menghasilkan daya 49 kW atau sekitar 66 tk pada 5.500 rpm dan torsi 89 Nm di putaran 3.500 rpm.

Tenaga yang dihasilkan disalurkan dari transmisi manual lima percepatan dan AGS. Selain itu untuk menambah keiritan bahan bakar, Suzuki mengaplikasi fitur engine auto start-stop, baik untuk S-Presso AGS atau manual.

Fitur ini untuk mengurangi penggunaan bahan bakar ketika mobil sedang dalam kondisi berhenti, seperti di jalan macet atau menunggu lampu lalu lintas.

Bahkan city car kompak ini sekarang sudah mendapatkan fitur electronic stability program (ESP), ini untuk menjaga kestabilan berkendara saat melintasi jalan licin.

Ada juga hill hold control yang bisa menahan posisi kendaraan sesaat ketika sedang melewati tanjakan dari kondisi diam. Fitur ini tersedia untuk versi matik atau auto gear shift (AGS).

Fitur keselamatan lainnya adalah ISOFIX untuk baby car seat, dan dari segi hiburan, head unit layar sentuh 7 inci baru. Bahkan desainnya unik seperti desain dashbord pada mini copper.

Head unit juga sudah terkoneksi pada audio steering switch di gagang kemudi dan juga terkoneksi dengan ponsel melalui smartphone linkage. Bahkan untuk mengarahkan spion sekarang tidak manual lagi karena sudah dilengkapi dengan elektric mirror.

Dengan penyegaran yang dilakukan Suzuki S-Presso dijual dengan banderol Rp168,3 juta untuk varian MT dan Rp178,3 juta bakal model AGS. Bicara ketersediaan unit S-Presso bisa didapat tanpa menunggu inden. Ini sangat cocok bagi konsumen yang menginginkan mobil baru untuk digunakan saat lebaran.

By admin