JawaPos.com – Pengamat sepak bola Rony Samloy mengapresiasi kinerja Ketua PSSI Erick Thohir dalam mensukseskan pagelaran sepak bola akbar kedua FIFA di dunia, yakni Piala Dunia U-20 yang akan berlangsung bulan Juni 2023 di Indonesia.

Menurut Rony Samloy, kerja keras dan keseriusan Erick Thohir memajukan sepak bola Indonesia patut didukung masyarakat Indonesia. Pasalnya, kesuksesan Pial Dunia U-20 ini akan membuka jalan bagi Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia tahun 2034 mendatang.

“Itu pernyataan optimis dari pak Erik Tohir. Artinya keberhasilan Indonesia menggelar Pilala Dunia U20 adalah starting point’ atau pintu masuk bagi upaya PSSI dan Indonesia menjadi tuan rumah PD 2034,” kata Rony Samloy kepada wartawan, Rabu (15/3).

Dikatakan Rony Samloy, menjadi tuan rumah piala dunia bukanlah hal yang sulit jika semua pihak mau bekerjasama, terutama pemerintah dalam membangun ataupun memperbaiki infrastruktur stadion lebih modern sesuai standar FIFA.

“Memang dari aspek realistis ya belum sepenuhnya, tapi menjadi tuan rumah Piala Dunia bukan sesuatu yang sulit sepanjang pemerintah dapat memberikan jaminan dengan membangun fasilitas-fasilitas modern dan berstandar FIFA seperti stadion dengan segala infrastrukturnya, termasuk jaminan keamanan yang optimal,” ucapnya.

Diungkapkan Rony Samloy, keseriusan ketua umum PSSI Erick Thohir untuk ikut bidding Piala Dunia 2034 adalah sesuatu yang baik bagi kemajuan sepak bola Indonesia, hingga kesuksesan Piala Dunia U-20 menjadi pintu masuk buat Indonesia di mata dunia maupun di mata FIFA.

“Kita tentu perlu optimistik dan mendukung kebijakan dan obsesi PSSI di bawah pak Erick Thohir untuk mewujudkan impian kita sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034, sekaligus melihat timnas senior berlaga di event sepakbola sejagat ini,” ungkapnya.

Disarankan mantan jurnalis ini, pemerintah harus mengalokasikan anggaran khusus untuk membangun atau merehab stadion yang ada saat ini agar lebih modern. Selain itu, masyarakat pecinta sepak bola juga harus memberikan dukungan kepada pengurus PSSI yang baru demi Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia senior ke depan.

“Saran saya adalah pemerintah harus mengalokasikan anggaran untuk membangun atau merehab stadion yang modern dan berkualifikasi FIFA dan mendukung Erick Thohir dengan kepengurusan PSSI yang baru terpilih agar terjalin komitmen dan soliditas sesama anak bangsa menjadikan kita tuan rumah PD 2034,” jelasnya.

“Sudah saatnya sepakbola Indonesia tampil di pentas dunia sebagaimana impian seluruh pencinta sepakbola di Tanah Air. Ini juga bagian dari upaya memutus fanatisme sempit sepakbola dengan membanggakan timnas Garuda bukan timnas negara lain,” pungkas Rony Samloy.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyampaikan keberhasilan Indonesia menjadi tuan rumah FIFA U20 World Cup Indonesia 2023 dapat membuka jalan bagi Indonesia untuk membidik peluang menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034.

Oleh karena itu, Erick Thohir memastikan PSSI serius terus memantau persiapan penyelenggaraan Piala Dunia U20 di enam wilayah, yaitu Jakarta, Palembang, Bandung, Solo, Surabaya, dan Bali.

“Piala Dunia U20 ini event terbesar nomor dua FIFA. Ini jalan besar (buat Indonesia, red), kalau ini sukses untuk Piala Dunia 2034,” kata Erick Thohir selepas meninjau kesiapan Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Minggu (12/3).

Erick Thohir sejak Sabtu lalu berkeliling ke empat stadion yang ditunjuk oleh Indonesia menjadi arena pertandingan Piala Dunia U20, yaitu di Stadion Jakabaring di Palembang, Sabtu (11/3), Stadion Si Jalak Harupat di Bandung (11/3), Stadion Manahan di Solo, Minggu (12/3), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, Minggu (12/3).

By admin