JawaPos.comFacial. Setiap orang, terutama perempuan kerap berupaya memiliki kulit wajah yang cerah dan sehat. Ada yang melakukan sendiri di rumah, ada pula yang datang ke dokter kecantikan untuk mendapatkan hasil maksimal.

Dokter Mada Patabang mengatakan, selama banyak masyarakat yang mencoba membersihkan muka atau facial secara mandiri di rumah menggunakan skincare. Ternyata tidak semua yang paham langkah-langkah tahapan-tahpannya. Akhirnya hasil yang didapatkan tidak maksimal.

“Wajah perlu dirawat dengan pembersihan secara mendalam salah satu caranya dengan facial,” ujar dokter Mada Patabang kepada JawaPos.com, Rabu (15/3).

Mada Patabang yang merupakan dokter penanggung jawab di Derma9 Klinik Kecantikan Bekasi itu menyebut beberapa tahapan untuk facial. Yaitu, mulai dari deep cleansing, melembutkan kulit, eksfoliasi, cabut komedo, masker, toner. “Tahapan ini untuk memastikan agar sel-sel kulit mati terangkat dan kulit wajah menjadi lebih cerah,” sebutnya.

Mada mengingatkan, facial sebaiknya dilakukan tiga pekan sekali. Alasannya, sel-sel kulit beregenerasi setiap 14-28 hari. Perawatan wajah secara rutin sangat berguna untuk membersihkan komedo dan jerawat, mengangkat sel kulit mati, dan memberikan nutrisi yang dibutuhkan kulit.

Menurut Mada, setiap orang sebenarnya bisa melakukan facial sendiri di rumah. Namun, langkah yang dilakukan sangat terbatas. Baru pada tahap pembersihan wajah dan scrubbing, tanpa adanya ekstraksi komedo. Tidak adanya ekstraksi komedo karena harus dilakukan oleh beautician profesional di klinik kecantikan yang terlatih dan tersertifikasi.

“Ekstraksi komedo yang dilakukan tanpa tenaga profesional dapat menyebabkan memburuknya kondisi kulit di kemudian hari,” ujarnya mengingatkan.

Oleh sebab itu, bagi yang ingin facial yang dilengkapi ekstraksi komedo, maka harus dipastikan dilakukan di klinik kecantikan yang dikelola oleh dokter.

Apalagi lagi di usia tertentu, perawatan kulit wajah tidak hanya facial. Perlu ada perawatan antiaging yang bisa membuat kelihatan kulit terlihat muda dan bisa dilengkapi dengan skinbooster, face contour.

By admin