JawaPos.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) resmi menggelar program Mudik Gratis Lebaran 2023 dengan kuota 24.072 penumpang. Guna menyukseskan program ini, Kemenhub tercatat mengucurkan dana sebesar Rp 20 Miliar.

“Anggaran tahun ini Dirjen Perhubungan Darat akan memberikan alokasi anggaran senilai Rp 20 miliar. Mudah-mudahan mencukupi kebutuhan masyarakat, karena nanti juga ada tambahan lagi mudik gratis oleh pihak lain,” kata Direktur Angkutan Jalan Ditjen Hubdat Kemenhub, Suharto konferensi pers yang dipantau secara daring, Senin (13/3).

Suharto menjelaskan, dalam Mudik Gratis 2023, Kemenhub menyediakan 585 unit bus dengan kuota penumpang sebanyak 24.072 orang. Adapun rinciannya, kuota arus mudik disediakan 18.528 orang dan arus balik 5.544 orang.

Tak hanya bus, Kemenhub juga menyediakan 30 truk untuk mengangkut sepeda motor dengan kuota sebanyak 900 unit motor. Rinciannya 15 truk untuk mengangkut 450 motor pada arus mudik dan 450 lagi untuk arus balik.

Adapun kota tujuan mudik gratis tahun ini ditetapkan ada 28 yang tersebar di provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Jogjakarta, Jawa Timur, serta wilayah Sumatera. Secara rinci, tiga kota tujuan di Jawa Barat yaitu Garut, Tasikmalaya, dan Cirebon.

Kemudian Provinsi Jateng-DIJ sebanyak 18 kota yaitu Solo, Tegal, Pekalongan, Semarang, Demak, Jepara, Pati, Blora, Boyolali, Klaten, Wonogiri, Purwokerto, Cilacap, Wonosobo, Kebumen, Magelang, Wonosari, dan Yogyakarta.

Selanjutnya lima kota di Provinsi Jawa Timur yaitu Madiun, Surabaya, Tuban, Malang, dan Tulungagung. Dan terakhir wilayah Sumatera 2 Kota yaitu Lampung dan Palembang.

“Sementara untuk kota keberangkatan/asal arus balik terdapat 8 kota yaitu Solo, Cirebon, Madiun, Surabaya, Semarang, Purwokerto, Wonogiri, Jogjakarta. Sedangkan untuk lokasi tujuan mudik dan balik bagi pengangkutan sepeda motor sebanyak lima kota yaitu Solo, Semarang, Purwokerto, Wonogiri, Jogjakarta,” jelas Suharto.

Untuk diketahui, pendaftaran mudik gratis ini akan dibuka hingga besok, Selasa (14/3). Meski begitu, pihaknya akan menutup pendaftaran jika kuota telah terpenuhi.

Bagi masyarakat yang akan menggunakan fasilitas mudik gratis 2023 ini dapat melakukan pendaftaran secara online melalui aplikasi Mitra Darat. Aplikasi ini dapat diunduh melalui Appstore dan Playstore.

By admin