JawaPos.com – Erling Haaland memecahkan rekor yang sebelumnya dibuat oleh Kylian Mbappe, apalagi setelah striker asal Norwegia itu mencetak lima gol luar biasa saat Manchester City mengalahkan RB Leipzig, 7-0, di Etihad Stadium.

Haaland memang tampil trengginas di leg kedua 16 besar Liga Champions tersebut. Setelah bermain imbang 1-1 pada leg pertama, Haaland membuktikan ketajamannya di Etihad setelah mencetak hat-trick di babak pertama.

Ilkay Gundogan dan Kevin de Bruyne memang mencatatkan nama mereka di papan skor, tetapi Haaland membantu dirinya sendiri untuk membuat dua gol lagi di babak kedua untuk membuat sejarah Man City.

Haaland sekarang memiliki 39 gol di semua kompetisi musim ini – gol terbanyak yang pernah dicetak pemain Man City dalam satu musim. Rekor itu sebelumnya dipegang Tommy Johnson saat membukukan 38 gol pada musim 1928/1929.

Itu adalah rekor 94 tahun yang dipecahkan Haaland, tetapi Haaland juga menjatuhkan Mbappe dalam mencapai tonggak sejarah yang mengesankan.

Halland menjadi pemain termuda yang mencapai 30 gol Liga Champions, melakukannya pada usia 22 tahun 236 hari.

Haaland 116 hari lebih muda dari bintang PSG dan Prancis, Mbappe, yang mencapai prestasi tersebut pada usia 22 tahun 352 hari.

Mantan pemain Red Bull Salzburg dan Borussia Dortmund itu juga merupakan pemain tercepat yang mencapai jumlah tersebut. Haaland melakukannya dalam 25 penampilan.

Haaland dan Mbappe adalah dua pemain paling menarik di dunia sepak bola dan tampaknya ditakdirkan untuk menjadi penerus alami Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Persaingan benar-benar dimulai pada 2021 ketika Haaland mengakui hat-trick Mbappe melawan Barcelona memotivasi dia untuk mencetak dua gol melawan Sevilla.

Dan baru-baru ini, Haaland membuat lirik tentang Mbappe, menggambarkannya sebagai “fenomenal” dan berharap dia bermain bersamanya.

“Orang Prancis sangat beruntung memiliki dia bermain untuk timnas Prancis. Saya berharap dia bermain untuk Norwegia tentunya!” ucap Haaland kepada Canal Plus.

“Dia pemain yang luar biasa, sangat cepat dan sangat bagus, dan dia sudah melakukannya selama bertahun-tahun. Apa dia, dua tahun lebih tua dari saya? Ini gila.”

“Terkadang Anda harus berpikir bahwa dia masih memiliki 10 tahun tersisa di level tinggi. Dia fenomenal.”

Haaland mencetak lima gol dengan hanya 30 sentuhan melawan Leipzig tetapi dia melewatkan kesempatan untuk memecahkan rekor Lionel Messi.

Tidak ada pemain yang pernah mencetak hat-trick ganda di Liga Champions dan meskipun Haaland nyaris, dia digantikan oleh Julian Alvarez pada menit ke-64 dan mengakui bahwa dia memberi tahu Guardiola tentang rasa frustrasinya setelah dia pergi.

By admin