JawaPos.com – Apple dilaporkan akan memproduksi chip modem 5G sendiri untuk iPhone pada 2024 mendatang. Hal ini terkuak berdasarkan komentar yang dibuat oleh CEO Qualcomm, Cristiano Amon, di Mobile World Congress 2023 di Barcelona.

Sebelumnya pada Februari 2022, spekulasi pertama muncul bahwa Apple akan menggunakan chip modem 5G yang dikembangkan sendiri untuk jajaran iPhone 15 mendatang. Sementara Apple saat ini menggunakan modem Qualcomm dalam model iPhone 14-nya, perusahaan telah menjajaki kemungkinan suku cadang internal selama beberapa waktu.

Diketahui, Apple mengakuisisi bisnis modem Intel pada 2019. Ini pada akhirnya mengarah ke berita bahwa Apple akan mulai menggunakan modemnya sendiri tahun ini.

Dilansir dari CNBC Internasional via Gizmochina, Amon menyatakan bahwa Qualcomm tidak berencana untuk menyediakan modem untuk Apple pada tahun 2024. Meski begitu, dia menekankan bahwa pada akhirnya keputusan tersebut akan terserah kepada Apple untuk membuat keputusan.

Dia juga mengklarifikasi bahwa royalti “terlepas dari penyediaan chip” dan tidak mengkonfirmasi apakah Apple akan membayar lisensi Qualcomm QTL jika beralih ke modemnya sendiri. Diketahui, Qualcomm telah mendiversifikasi bisnisnya menjadi semikonduktor otomotif dan aplikasi berdaya rendah.

Amon juga membahas pertarungan hukum antara Qualcomm dan perusahaan semikonduktor Inggris Arm IP. Dia menyatakan bahwa perusahaan tersebut memiliki hak luas atas Arm IP, dan solusi sedang dikerjakan.

Mengenai laporan Wall Street Journal bahwa pemerintah Amerika Serikat (AS) sedang mempertimbangkan untuk mencabut lisensi ekspor pemasok AS ke Huawei, Amon menyatakan bahwa Qualcomm memiliki lisensi untuk menjual chip 4G ke Huawei dan telah mematuhinya.

Sementara pencabutan lisensinya akan berdampak pada Qualcomm secara finansial, perusahaan melakukan diversifikasi dan menyediakan modem ke perusahaan lain, termasuk Samsung dan Honor , dan berkembang di sektor otomotif di antara jalan lainnya.

By admin