JawaPos.com – Sosok Tsamara Amany kini kerap terlihat di lingkaran kepengurusan PSSI. Perempuan yang sebelumnya lekat dengan dunia politik itu masuk dalam tim ketua umum PSSI. Mantan politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) tersebut memang sudah aktif mendukung pencalonan Erick Thohir sebagai ketua umum PSSI sebelum KLB dilangsungkan (16/2).

Kini, Tsamara hampir pasti terlihat menyertai Erick Thohir menjalankan aktivitasnya. Seperti saat mengecek Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, untuk persiapan pergelaran Piala Dunia U-20 kemarin.

Tsamara mengaku dirinya cinta dengan sepak bola nasional. Kerap datang langsung ke stadion untuk menonton pertandingan. Terlebih ketika Piala AFF 2010.

Dia ingat betul bagaimana hebatnya tim Garuda saat itu. ’’Ya jaman-jaman Irfan Bachdim itu saya suka,’’ ujarnya.

Tsamara pun mengaku punya sosok pemain idola. Yaitu, Bambang Pamungkas. ’’Pada masanya, Bepe adalah idola anak-anak Indonesia,’’ kata perempuan kelahiran Jakarta, 24 Juni 1996, itu.

Namun, Tsamara mengaku hanya menonton timnas saja. Tidak dengan klub-klub yang berlaga di Liga Indonesia. Menurut dia, bagi perempuan, laba-laga itu tidak aman. ’’Serem. Kenyataannya seperti itu sampai sekarang kan?’’ tuturnya.

Akan tetapi, sosok yang kini fokus terhadap isu perempuan itu yakin sebenarnya sepak bola Indonesia bisa ramah untuk perempuan. Termasuk keluarga serta anak-anak. Asalkan ada keseriusan untuk membenahi semuanya. ’’Membenahi kualitas pertandingan, match fixing-nya dihilangkan, wasit dibenahi, hingga pengembangan usia mudanya. Sebenarnya sangat ada daya tarik,’’ pungkasnya.

By admin