JawaPos.com – ”Ini foto kali pertama saya didampingi dua wakil ketua umum yang fokus,” kata Ketua Umum PSSI Erick Thohir di Stadion GBT, Surabaya, kemarin (13/3) siang. Erick berpose didampingi dua Waketum organisasi yang dia pimpin, Zainudin Amali dan Ratu Tisha.

”Yang fokus” yang dia maksud merujuk pada disetujuinya surat pengunduran diri Amali sebagai menteri pemuda dan olahraga (Menpora). ”Per hari ini (kemarin) saya mohon ke teman-teman tidak ada lagi pertanyaan soal itu (mundur dari jabatan Menpora),” ujar Amali.

Dengan tidak lagi menjadi Menpora, dia menuturkan akan lebih fokus mengurus PSSI. Bekerja secara maksimal sebagai Waketum.

Dari Jakarta, Presiden Joko Widodo membenarkan telah menyetujui pengunduran diri Amali sebagai Menpora. Dia menyatakan, sebelum kunjungan kerja ke Bali kemarin, politikus Partai Golkar itu sempat menemuinya.

”Surat pengunduran dirinya sudah disampaikan di Setneg dan tadi (kemarin pagi, Red) saya sudah menyetujui,” kata Jokowi.

Untuk penggantinya, Jokowi menyatakan segera memutuskan. Saat ini Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy akan bertindak selaku pelaksana tugas (Plt) Menpora.

Sementara itu, Sekjen DPP Partai Golkar Lodewijk Paulus mengatakan, partainya sudah menyiapkan tiga nama pengganti Amali. Dua nama di antaranya diberikan sebagai alternatif.

”Kira-kira Pak Airlangga (Hartarto, ketua umum Partai Golkar) nyetor tiga nama lah,” ujarnya kemarin.

Saat ini pihaknya juga masih menunggu keputusan presiden. Termasuk soal kemungkinan reshuffle tambahan selain posisi Menpora. ”Kami belum tahu, bergantung beliau,” katanya.

Amali mengatakan, ada pesan yang disampaikan Presiden Jokowi kepadanya agar tetap berada di lingkungan olahraga. ”Tetap memberikan perhatian, itu pasti karena passion saya di olahraga. Jadi, tidak akan ke mana-mana,” paparnya.

By admin