JawaPos.com – Google Drive telah memperkenalkan fitur baru yang semakin memudahkan pengguna. Fitur baru yang dirilis ini memungkinkan pengguna membuat anotasi dan menggambar atau mengedit pada file PDF langsung di Google Drive perangkat Android pengguna.

Dilansir dari TechRadar, alat anotasi baru ini dirancang untuk memberi pengguna cara yang mudah dan cepat untuk melakukan pengeditan saat dalam perjalanan, seperti saat bepergian ke rapat atau dalam perjalanan.

Tombol aksi mengambang atau floating button ini berbentuk pena baru dan akan terlihat di sudut kanan bawah layar saat membuka file PDF di Google Drive untuk Android setelah user melakukan pembaruan. Saat diketuk, itu akan membuka toolbar baru pilihan untuk menggambar dan membuat anotasi.

Alat pena tersedia dalam warna merah, hitam, biru, dan hijau dengan beberapa ketebalan yang dapat disesuaikan dengan menyeret penggeser dengan jari atau stylus Anda. Ada juga highlighter yang tersedia dalam warna kuning, hijau, biru, atau ungu.

Serta ada penghapus yang dapat menghapus apa pun yang mungkin telah Anda buat, di samping kemampuan undo dan redo. Terakhir, ada opsi untuk menyembunyikan semua hasil edit sepenuhnya.

Pengguna dapat langsung menyimpan anotasi mereka ke file jika itu adalah PDF. Atau buat salinan file PDF baru dengan anotasi yang disimpan di dalamnya. Jika mereka lebih suka tampilan yang lebih bersih, bilah alat juga dapat disesuaikan dengan sisi layar dengan mengetuk dan menahan.

Fungsi baru diluncurkan sekarang, dengan pengguna yang mengunduh versi terbaru Google Drive bisa menjadi yang pertama menikmatinya. Namun, batas minimum untuk bisa menggunakan fitur baru ini adalah Android 6.0 Marshmallow atau lebih tinggi.

Pembaruan tersebut adalah salah satu dari beberapa peningkatan terbaru pada Google Drive karena perusahaan berusaha untuk memastikan layanannya tetap bermanfaat dan intuitif bagi pengguna di mana saja.

Google baru-baru ini juga menambahkan bilah alat baru untuk file multi-pilihan, yang diharapkan perusahaan akan membuat segalanya lebih mudah untuk dicapai. Itu juga memperkenalkan “chip pencarian” baru, yang akan menemukan file dengan cepat dengan memfilter kriteria seperti jenis file.

Kapan dokumen terakhir diubah, dan dengan siapa dokumen itu dibagikan akan bisa juga dicari dengan mudah. Dengan pembaruan ini, Google mempermudah pengguna untuk bekerja saat bepergian dan tetap teratur.

By admin