JawaPos.com – Bali International Film Festival atau Balinale mendapatkan kehormatan diundang dalam ajang Asian Film Awards (AFA) yang berlangsung 12 Maret 2023 lalu. Balinale mendapat undangan dari Dr. Wilfred Wong selaku Ketua Asian Film Awards Academy.

Momen penting ini tentu tidak disia-siakan. Deborah Gabinetti selaku pendiri Balinale yang menghadiri AFA membawa 2 film Indonenesia untuk diperkenalkan sekaligus diapresiasi di dunia internasional.

Dua film tersebut adalah film Autobiography karya sutradara Makbul Mubarak dan film Before, Now & Then rilisan tahun 2022 karya Kamila Andini.

“Kami sangat senang bisa menjadi bagian dari acara menarik ini. Merupakan suatu kehormatan untuk mewakili Balinale di panggung internasional dan menampilkan kekayaan budaya, keragaman lokasi dan industri film Indonesia yang dinamis,” kata Deborah Gabinetti dalam keterangannya, Selasa (14/3).

Tidak hanya mendapat undangan Asian Film Awards. dia juga mengaku mendapat undangan mewakili Bali Film Center (BFC) di ajang HK International Film & TV Market- Pasar Konten Hiburan Terkemuka di Asia. Acara tersebut berlangsung pada tanggal 13-16 Maret 2023.

“BFC berpartisipasi dengan anggota Asian Film Commissions Network (AFCNet). BFC merupakan salah satu anggota pendiri AFCNet, sebuah jaringan komisi film dan
lembaga pendukung film dan agensi film di Asia yang bertujuan untuk mendorong pertumbuhan industri film regional dan berkontribusi pada pembangunan lokal,” katanya.

Sekedar informasi, Balinale yang kini telah memasuki tahun ke-16 penyelenggaraannya memang sudah memiliki jaringan internsional. Event perfilman yang berbasis di Bali tersebut tidak hanya diikuti oleh film-film dalam negeri, namun juga film-film luar dari sejumlah negara.

By admin