PRODUSEN hoax yang satu ini sengaja menyebar kegaduhan. Berita yang jelas-jelas mengklarifikasi sebuah hoax malah diedit dan dijadikan hoaks. Informasi itu menyebut Komisaris Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok terpilih sebagai ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

’’AHOK resmi jadi ketua KPK menggantikan Firly.’’ Demikian judul berita lengkap dengan logo LKBN Antara itu. Capture tersebut diunggah akun Facebook Serdadu Jogja. Gambar itu menampilkan keterangan waktu Selasa, 28 Februari 2023. Tangkapan layar tersebut memang menampilkan foto Ahok. Lokasinya identik dengan lobi gedung KPK (s.id/AhokKetuaKPK).

Dari pengecekan archive berita LKBN Antara, judul itu tidak ada. Judul pada unggahan akun Serdadu Jogja tersebut sudah diubah. Bahkan, judul asli yang mencantumkan foto itu justru mengklarifikasi bahwa Ahok bukan ketua KPK.

Judul aslinya adalah Hoaks! Ahok Resmi Jadi Ketua KPK. Keterangan foto juga menjelaskan bahwa foto tersebut arsip. Foto itu diabadikan oleh pewarta foto Hafidz Mubarak A. Sama sekali tak berkaitan dengan klaim bahwa mantan gubernur DKI Jakarta itu menjadi ketua KPK.

’’ARSIP – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (kanan) memenuhi panggilan pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa, 10 Mei 2016. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A),’’ begitu keterangannya.

Berita tersebut berisi penjelasan tentang unggahan video di Facebook pada akhir Februari 2—-023 yang menampilkan Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama. Video itu menyebut Ahok telah ditetapkan sebagai ketua KPK pada 24 Februari.

Padahal, tentu saja info itu hoax. Ahok sejatinya masih menjabat komisaris utama PT Pertamina (Persero). Lalu, ketua KPK tetap dijabat oleh Firli Bahuri. Anda dapat membacanya di s.id/AsliDibuatHoax.

FAKTA

Judul asli berita LKBN Antara itu berupa klarifikasi berita hoaks bahwa Ahok bukan ketua KPK.

By admin