JawaPos.com–Berdasar pantauan pada Minggu (12/3), tiket KA jarak jauh pada masa angkutan Lebaran yang terjual untuk keberangkatan KA pada periode 12 hingga 27 April capai ratusan ribu tiket.

Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengatakan, total tiket yang terjual yakni 116.204 tiket atau 28 persen dari total keseluruhan tiket yang disediakan. KAI Daop 8 Surabaya menyediakan 418.807 tiket.

”Jumlah tersebut masih akan bertambah. Karena penjualan masih terus berlangsung,” ujar Luqman Arif.

Dia menjelaskan, perjalanan KA yang masuk 5 besar dalam okupansi yang telah dipesan di antaranya KA Airlangga relasi Surabaya Pasarturi – Pasarsenen PP, KA Sritanjung relasi Banyuwangi – Surabaya Gubeng  – Lempuyangan PP, KA Pasundan relasi Surabaya Gubeng – Kiaracondong PP, KA Kertajaya relasi Surabaya Pasarturi – Pasar Senen PP, dan KA Matarmaja relasi Pasar Senen – Malang PP.

”Pemesanan tiket tertinggi pada masa mudik angkutan Lebaran ini terpantau pada 20 April sebanyak 59 persen dari kapasitas tempat duduk atau sebanyak 15.516 tiket terpesan,” terang Luqman Arif.

Sebelumnya, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya menyiapkan tiket kereta api tambahan untuk masa angkutan Lebaran yang mulai dijual pada Senin (13/3).

Pemesanan tiket dapat dilakukan melalui aplikasi KAI Access, website kai,id, contact center 121, dan berbagai mitra penjualan resmi yang bekerja sama dengan KAI.

Arif mengatakan, loket di stasiun hanya melayani penjualan tiket go show mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api.

Menurut Luqman Arif, total KAI menambah 81.560 tempat duduk KA jarak jauh atau rata-rata 5.330 tempat duduk per hari. KA-KA tambahan tersebut tersedia untuk perjalanan relasi favorit seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Jogjakarta, Banyuwangi, dan lainnya.

By admin