JawaPos.com – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) mendaulat para duta besar (dubes) Negara sahabat menjadi marketing produk unggulan karya narapidana di Lapas Kelas II A Narkotika Jakarta. Para duta besar diharapkan dapat membantu mempromosikan kerajinan tangan para warga binaan.

Menkumham Yasonna Laoly mengatakan, para narapidana telah menunjukkan bisa membuat produk unggul yang bisa bersaing di pasar internasional. Oleh karena itu, tak sedikit produk yang diekspor ke luar negeri.

“Di momen ini, kita juga dapat bersama-sama melihat langsung hasil produktivitas Warga Binaan. Kita dapat menyaksikan produk-produk karya mereka memiliki kualitas yang tidak kalah dengan produk di luar, bahkan sejumlah produk tersebut telah diekspor ke berbagai negara,” kata Yasonna di Jakarta, Senin (13/3).

Sementara itu, Special Envoy of President Seychelles for ASEAN HE, Nico Barito menambahkan, negara-negara sahabat dengan senang hati mempromosikan produk buatan para warga binaan lapas ini.

“Para warga binaan ini sudah dapat menghasilkan karya-karya dengan nilai seni yang tinggi. Kita sebagai perwakilan Negara-negara sahabat bisa membawa pulang produk-produk seni ini dan mempromosikannya di Negara kita,” ujar Nico.

Dia berharap dubes-dubes tersebut bisa mempromosikan barang-barang seni yang dihasilkan oleh para warga binaan itu kepada keluarga, sahabat ataupun media sosial yang mereka miliki.

“Dengan membantu promosi, maka kita sudah membantu sahabat kita dengan programnya. Ayo kita promosikan produk-produk seni buatan para warga binaan pemasyarakatan ini ke Negara kita masing masing. Yang Jerman mungkin promosi di Jerman, di Negara masing-masing,” jelasnya.

Para dubes ini didaulat menjadi marketing saat Kemenkumham menggelar Pekan Olahraga Pemasyarakatan di Lapas Kelas IIa Narkoba Cipinang, Jakarta. Acara ini dihadiri oleh 43 duta besar, perwakilan Sekretarian ASEAN, hingga perwakilan United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC).

Adapun beberapa duta besar negara sahabat yang hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Duta Besar Perwakilan Negara ASEAN, Duta Besar Negara Mesir, Venezuela, U.E.A, Saudi Arabia, Qatar, Tunisia, Thailand, Ukraina, Kroasia, Korea Utara, Seychelles, Nigeria, Hungaria, Armenia, Marocco, Italy, Kenya, South Africa, pakistan, Armenia, Marocco, Dominika, Nigeria, Nederland, Singapore, Sudan, Jerman dan Negara Mozambique.

By admin