JawaPos.com – Menjelang Ramadan 2023, Pelabuhan Tanjung Perak terus melakukan persiapan. Selain kesiapan armada, aspek keamanan dan kenyamanan penumpang juga menjadi perhatian utama.

General Manager Kalimas & Terminal Penumpang GSN Dhany Rachmat Agustian menyatakan, pihaknya telah bekerja sama dengan Pusat Koperasi Angkatan Laut (Puskopal) Koarmada II untuk pengawasan debarkasi dan embarkasi penumpang. Langkah itu dilakukan untuk mengantisipasi munculnya calo tiket yang marak menjelang Lebaran. ”Ini yang harus dicegah,” kata Dhany Rabu (8/3).

Mereka juga sudah bekerja sama dengan DAMRI dalam mempersiapkan angkutan penumpang. Dengan begitu, para penumpang tidak perlu khawatir saat ingin keluar masuk pelabuhan. ”Sangat memudahkan pemberangkatan dan keberangkatan penumpang,” terangnya.

Skenario antisipasi penumpukan penumpang telah disiapkan melalui kebijakan memasukkan penumpang lebih awal dari ketentuan. Sebelumnya, penumpang hanya bisa masuk dua jam sebelum keberangkatan kapal. Kini, empat jam sebelum keberangkatan kapal, penumpang boleh masuk bila terjadi penumpukan.

Bukan hanya itu, pihaknya juga bekerja sama dengan Masjid Baitul Hakam untuk menyiapkan takjil gratis bagi para penumpang. Program tersebut akan berjalan sejak awal hingga akhir puasa. Nanti, menjelang berbuka, para penumpang dapat memperoleh takjil gratis.

By admin