JawaPos.com – Saat ini, sangat penting untuk menyiapkan kata sandi atau password yang baik untuk melindungi akun Anda. Hal ini karena peretas terus berusaha mencari cara untuk mengeksploitasi situs web, dan akun platform digital lainnya, untuk mendapatkan akses ke data sensitif.

Dengan ‘revolusi digital’ pengguna cenderung menyimpan data berharga yang tersimpan di ponsel cerdas, seperti rekening bank, kartu kredit, dan lain-lain. Beberapa di antaranya dilindungi oleh password dan mungkin berpikir bahwa kata sandi yang panjang sudah cukup untuk menjaga keamanan data Anda, tetapi sebenarnya tidak demikian.

Tentu membuat yang panjang dengan karakter yang lebih banyak akan sulit aksesnya. Namun ternyata tidak sesederhana itu.

Menetapkan kata yang sulit ditebak misalnya seperti nama buah ternyata tidak sepenuhnya aman, dan jangan mencoba menambahkan nomor urut seperti “nanas123” yang dapat dieksploitasi.

Yang seperti ‘3gP#%3’ hanya memiliki 6 karakter dan lebih aman dari pada kata sandi 14 karakter yang hanya disebut ‘password’.

Saat ini, ada tren baru bagi pengguna saat menentukan kata sandi. Itu adalah praktik baru yang sangat salah dengan menggunakan frasa sebagai kata sandi.

Banyak orang menggunakan frasa panjang yang akrab bagi mereka. Lagi pula, satu frasa yang sudah dikenal akan mudah diingat bukan? Dan juga, kalau lebih besar, maka dianggap akan aman, padahal ternyata salah.

Saat ini, beberapa pengguna menyetel nama lengkap, kota, negara, atau lagu favoritnya sebagai password. Menggunakan beberapa kata yang mudah diingat tidak akan membuatnya lebih aman.

Mengapa tidak aman menggunakan frasa sebagai kata sandi?

Masalah besar saat menggunakan kalimat sederhana adalah hanya memiliki huruf. Penyerang potensial akan meluncurkan serangan dan kemudian akan mudah baginya untuk memecahkan kata sandinya.

Lirik, atau alamat, dapat menjadi bagian dari daftar daftar bocoran, yang telah digunakan orang lain. Kemudian, akan lebih mudah bagi penyerang untuk mendapatkan akses.

Untungnya, saat ini, ada banyak platform yang dapat memberi tahu Anda bahwa itu telah dibocorkan sebelumnya. Jadi Anda bisa memilih yang dianggap lebih aman.

Seperti sudah disinggung di atas, jangan gunakan frasa sederhana misalnya nama buah, nama hewan atau nama-nama yang mudah ditebak lainnya. Juga, jangan menambahkan angka Ada banyak pilihan yang lebih baik untuk membuat password Anda jadi lebih kuat.

Membuat kata sandi yang layak sebetulnya gampang. Hal pertama adalah itu harus acak. Jangan menggunakan standar seperti kata, frasa, nama karakter, merek yang dikenal, dan lain-lain.

Ini mudah dieksploitasi, nama dapat dengan mudah dipecahkan dengan serangan siber yang bernama brute force. Selain itu, Anda perlu menggabungkan huruf besar dan huruf kecil. Boleh menambahkan angka namun harus menggabungkan dengan simbol khusus ke dalam campuran password.

Dalam kombinasi semacam ini, ya, menggunakan lebih banyak karakter mungkin merupakan ide yang bagus. Namun, perlu diingat bahwa bergantung pada layanan, situs web, atau aplikasi, terdapat batasan karakter yang dapat Anda gunakan.

Setting seperti ‘3l$%KM2$#’ itu aman, tapi sulit untuk diingat. Jadi, Anda mungkin perlu mencatatnya sampai Anda terbiasa dengannya. Itu mungkin sulit bagi sebagian orang, tetapi Anda dapat mencoba beberapa variasi lainnya.

Jangan gunakan yang sama untuk seluruh akun platform digital dan usahakan memperbaruinya secara periodik. Jangan biarkan kata sandi yang sama selama bertahun-tahun, bagaimana pun, kebocoran bisa terjadi dan kata sandi Anda bisa terungkap.

Ini adalah sesuatu yang tidak dapat Anda kendalikan, meskipun kata sandi Anda aman. Jika platform yang Anda gunakan mengalami serangan yang mengungkap kata sandi pengguna, maka Anda akan terekspos dan tidak ada yang dapat Anda lakukan. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mengubahnya dari waktu ke waktu.

Selain itu, jangan simpan kata sandi yang sama di beberapa layanan, aplikasi, atau platform. Jika kata sandi Anda bocor, itu artinya Anda tidak aman di platform apa pun yang Anda gunakan.

Tips lain untuk membuat yang kuat adalah dengan menggunakan key manager. Mereka akan membantu Anda menghasilkan izin yang baik dengan keamanan yang memenuhi persyaratan yang membuatnya dapat diandalkan. Mereka tidak akan pernah membuat yang sama, dan mereka akan benar-benar acak.

Untuk mendapatkan kata sandi yang aman, lebih baik menggunakan kunci acak dan menggabungkan huruf besar dan huruf kecil, simbol khusus, dan angka. Ada banyak pengelola kata sandi yang bagus di peramban populer yang juga dapat membantu Anda menyimpan kata sandi dan membuat akses ke situs web lebih aman.

By admin