JawaPos.com – Aktor Amerika Serikat berdarah Vietnam, Ke Huy Quan tak bisa membendung air matanya saat memenangkan Piala Oscar di ajang Academy Awards 2023 lewat perannya di film Everything Everywhere All at Once. Aktor berusia 51 tahun tersebut menang penghargaan untuk kategori Best Supporting Actor.

“Ya Tuhan!” ujar Quan sambil menangis saat dia naik ke panggung di tengah ramainya tepuk tangan meriah, seperti dilansir dari The Guardian.

“Ibuku berusia 84 tahun dan dia menonton di rumah. Ibu, aku baru saja memenangkan Oscar,” kata Ke Huy Quan sembari terisak-isak.

Kemenangan Ke Huy Quan di Oscar merupakan hal yang sangat membanggakan. Dia sendiri tidak menyangka akan dapat membawa pulang Piala Oscar pada malam puncak pemberian penghargaan yang digelar di Dolby Theatre, 12 Maret 2023 waktu setempat.

“Perjalanan saya dimulai dari sebuah perahu. Saya menghabiskan satu tahun di kamp pengungsi. Entah bagaimana, saya bisa berakhir di panggung terbesar Hollywood,” tuturnya.

“Mereka bilang cerita seperti itu hanya terjadi di film. Aku tidak percaya itu terjadi padaku. Ini adalah American Dream!” kata Ke Huy Quan.

Sebelum mengakhiri pidato kemenangannya, dia menyampaikan ucapan terima kasih kepada keluarganya terutama ibunda dan saudaranya yang telah memberikan support untuk karirnya di dunia keaktoran dan kerap memberikan nasihat-nasihat yang baik.

Ke Huy Quan mempersembahkan penghargaan yang diterimanya tersebut untuk istrinya, Echo, yang selalu ada di sisinya dan meyakinkan Quan untuk terus mengejar mimpi. Meskipun dia sendiri sudah sempat mau menyerah.

“Bulan demi bulan, tahun demi tahun selama 20 tahun memberi tahu saya suatu hari waktu saya akan tiba. Mimpi adalah sesuatu yang harus kamu percaya. Saya hampir menyerah pada mimpi saya. Untuk kalian di luar sana, tetaplah percaya pada mimpi kalian!” tuturnya.

By admin