JawaPos.com – Persija Jakarta kembali melakoni partai tandang dalam lanjutan Liga 1 2022/2023. Setelah pekan lalu bertamu ke markas Borneo FC, kini Macan Kemayoran akan menyambangi rumah Persik di Stadion Brawijaya, Kediri, Minggu (12/3/2023).

Bek Persija, Birrul Walidain, memastikan bahwa dia dan rekan-rekannya siap tempur menghadapi tim tuan rumah. Dia bertekad membawa pulang kemenangan setelah dua laga terakhir belum bisa mendapatkan momen itu.

“Kami dari pemain siap untuk pertandingan nanti. Kami ingin meraih hasil positif di sini (Kediri),” kata Birrul dalam konferensi pers jelang laga, dilansir laman Persija.

Pemain berusia 27 tahun itu pun menjawab pertanyaan media soal pertemuan yang akan terjadi dia dengan pemain sayap Persik, Riyatno Abiyoso. Keduanya sempat berada dalam satu tim, yakni di Persela.

“Saya di lapangan tetap selalu fokus dalam 90 menit untuk menjaga pertahanan Persija agar lebih solid. Semuanya akan diwaspadai,” tutur Birrul.

Komentar Birrul itu berkaitan dengan catatan negatif Persija dalam aspek pertahanan. Di laga terakhir vs Borneo, tim Ibu Kota kemasukan tiga gol. Alhasil, lima pertandingan terbaru Persija kemasukan total enam gol.

Sementara Pelatih Persija, Thomas Doll, mengatakan bahwa posisi di klasemen tak akan berpengaruh terhadap jalannya pertandingan. Meski kini Persik terpaut 12 tingkat dengan Persija yang berada di peringkat ketiga, juru taktik asal Jerman itu tetap memandang Persik adalah tim yang tangguh.

Selain di putaran pertama Persija ditahan imbang 1-1, kini Persik tengah dalam tren positif. Mereka meraih empat kemenangan beruntun.

“Secara klasemen Persija memang di atas. Tapi, itu tidak penting. Yang terpenting adalah performa tim di lapangan. Setiap tim memiliki kesempatan untuk menang dan itulah alasan kita mencintai sepak bola. Saya berharap tim bisa bermain lebih kompak, stabil, dan tidak banyak melakukan kesalahan,” ujar Doll.

Doll juga membeberkan kondisi dua pemain asing Persija Jakarta, Abdulla Yusuf Helal dan Hanno Behrens, mulai membaik. Keduanya sudah absen membela Macan Kemayoran dalam tiga laga terakhir.

Yusuf dan Hanno mengalami sakit sehingga mereka tak bisa tampil pada laga vs Barito Putera pada 22 Februari 2023, Madura United (26/2/2023), dan Borneo FC (8/3/2023). Terakhir mereka tampil di laga vs Bhayangkara FC (16/2/2023).

Doll menceritakan kondisi penyerang asal Bahrain itu pascamenjalani operasi pengangkatan batu ginjal di negara asalnya.

“Saya sudah kontak dengan Yusuf. Puji Tuhan operasi yang dilakukannya berhasil. Saya sempat dengar dia merasa sedikit kesakitan, mungkin efek dari operasinya masih terasa,” ucap mantan pelatih Borussia Dortmund tersebut.

“Sekarang Yusuf masuk dalam fase pemulihan untuk kembali ke kondisi normal,” lanjutnya.

Begitu pula dengan gelandang Persija, Hanno Behrens. Pemain asal Jerman itu sebelumnya kembali ke negara asalnya akibat sakit yang dialaminya tak kunjung sembuh.

Kini, dirinya sudah mendapat perawatan dari dokter di Jerman. Thomas Doll berharap keduanya pulih dari kondisinya yang sekarang.

“Hanno pun perlu pemulihan setelah mendapat perawatan di Jerman. Untuk sekarang mereka berdua harus mengikuti arahan dari dokternya masing-masing. Saya harap semuanya sembuh dan kembali ke kondisi normal,” ujar Doll.

By admin