JawaPos.com – FIFA akan datang ke Indonesia pada 21–27 Maret untuk mengaudit enam venue Piala Dunia U-20 2023 Indonesia. Sebelum FIFA datang, PSSI mendatangi enam venue tersebut. Tujuannya, memastikan kesiapan venue sebelum diaudit FIFA.

Stadion Gelora Jakabaring, Palembang, menjadi venue pertama yang dikunjungi PSSI. Ketua Umum PSSI Erick Thohir mendatangi home base klub Liga 2 Sriwijaya FC Palembang tersebut Sabtu (11/3).

Ada banyak hal yang dilihat. Mulai field of play, arena tempat duduk, VIP area, media broadcast, akses keluar masuk, sampai area medis.

”Secara keseluruhan, kondisinya baik. Namun, ada beberapa catatan yang harus diperhatikan. Di antaranya, perbaikan ruang VIP, control room, dan bangku-bangku penonton,” ujar menteri BUMN itu saat meninjau Stadion Gelora Jakabaring.

Erick menegaskan, kunjungan FIFA ke Indonesia pada 21–27 Maret mendatang bersifat final. Artinya, bila ada venue yang dianggap belum siap, federasi sepak bola dunia tersebut berhak mendiskualifikasi.

”Karena itu, sebelum FIFA datang, kami ingin memastikan agar tidak ada kekurangan. Alhamdulillah, gubernur Sumatera Selatan dan Kementerian PUPR mendukung ini semua,” kata Erick.

Setelah mengecek kesiapan Stadion Jakabaring, rombongan PSSI langsung bertolak ke Bandung untuk melihat kondisi terkini Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung. Home base klub Liga 2 Persikab Kabupaten Bandung itu menjadi venue yang paling mendapat sorotan.

Karena itu, Erick sangat detail melihat kesiapan Stadion Si Jalak Harupat. ”Kami hadir ke sini karena peduli dan ingin memastikan ada pendampingan. Kekurangan yang ada harus bisa diperbaiki sejak dini. Ini merupakan stadion kebanggaan masyarakat Jawa Barat. Jangan jadi sia-sia karena stadion ini dicoret FIFA karena tidak lolos verifikasi,” pinta Erick.

Nah, setelah meninjau kesiapan Stadion Gelora Jakabaring dan Si Jalak Harupat, rombongan PSSI akan terbang ke Solo, Jawa Tengah, untuk menilai kondisi terkini Stadion Manahan. Rencananya, agenda tersebut dilakukan hari ini pukul 09.15.

Setelah itu, pada hari yang sama, rombongan PSSI dijadwalkan meninjau Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, pukul 15.00 Wita atau 14.00 WIB.

By admin