JawaPos.com – Seperti kita tahu, karat merupakan salah satu jenis penyakit yang sering muncul pada kendaraan roda 4. Dengan adanya karat bisa mengurangi nilai estetika dan merusak pada beberapa bagian mobil.

Apalagi, jika karat di mobil yang dibiarkan terlalu lama bisa semakin menyebar dan lebih barah. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah memberikan lapisan anti karat mobil.

Anti karat tidak hanya bisa diberikan pada mobil bekas saja namun juga untuk mobil yang baru juga membutuhkan lapisan tersebut supaya awet dan enak dipandang. Meski beberapa orang sudah sering mendengar mengenai lapisan anti karat, akan tetapi belum semua mengerti cara penggunaannya.

Memberikan lapisan anti karat mobil menjadi salah satu hal yang perlu dilakukan agar bodi dan cat kendaraan semakin terlindungi. Menggunakan lapisan anti karat akan memberikan perlindungan ekstra pada bodi mobil dan juga lapisan cat mobil.

Sehingga kendaraan kesayangan Anda akan selalu terlihat baru dan bebas dari korosi utamanya di musim hujan seperti sekarang. Utamanya, pemberian lapisan ini dilakukan di bagian bawah kendaraan, rumah ban, sistem pembuangan, ruang mesin dan tangki BBM.

Kenapa pemberian lapisan Anti karat dilakukan pada bagian-bagian tersebut? Sebab pada bagian-bagian tersebut rentan terserang karat dan berisiko alami kerusakan.

Banyak pertanyaan, mengapa perlu melapisi bodi dan cat kendaraan dengan lapisan anti karata? Pastinya biaya untuk lapisan anti karat mobil pasti mahal? Mari kita bahas satu persatu.

Enam Kelebihan Lapisan Anti Karat Mobil

Melindungi dari bodi keropos

Menggunakan lapisan anti karat mobil akan memberikan perlindungan pada kendaraan dari serangan karat yang dapat membuat bodi mobil keropos. Serangan karat pada bodi mobil tidak boleh dianggap remeh karena membahayakan.

Jika karat menyerang bagian kaki-kaki mobil, ruang mesin atau sistem pembuangan maka tentu dapat menimbulkan risiko kecelakaan dan turunnya performa kendaraan. Kok bisa? Bsa, karena dengan kondisi karat yang menempel akan menimbulkan keropos pada struktur mobil dan ini sangat berbahaya.

Mencegah Kerusakan Parah

Karat mampu menyebar dengan cepat, bila ada satu bagian mobil yang berkarat dan tidak segera ditangani, maka dipastikan bagian mobil lainnya akan terkontaminasi. Hal ini berpotensi alami hal serupa alias merembet. Dengan menggunakan lapisan anti karat membuat kejadian tersebut dapat diminimalisir.

Usia Mobil Lebih Panjang

Dengan perawatan bebas karat, maka usia pakai mobil kamu akan lebih panjang. Ini karena setiap komponen utamanya di bagian kaki-kaki mobil, ruang mesin dan lainnya tetap terjaga dari serangan karat.

Bebas Biaya Perawatan Tambahan

Dengan melapisi secara berkala mampu membuat mobil Anda terhindar dari kerusakan dan biaya perbaikan tambahan. Misalnya melakukan servis tangki BBM atau servis radiator yang bolong karena karat.

Menambah Efek Kedap Suara

Selain itu, kelebihan anti karat mobil lainnya ada yang bisa memberi efek kedap suara pada kabin. Pengaplikasiannya terutama di bagian sela-sela pintu mobil, jendela dan pada ruang mesin.

Menjaga Nilai Jual Kembali

Bodi dan cat mobil yang terawat tentu akan membuat nilai jual kembali tetap tinggi. Selain itu dengan menjaga kendaraan bebas dari karat akan membuat kesan yang baik bagi calon pembeli mobilmu.

Siap Melewati Pada Berbagai Medan dengan Tenang

Untuk manfaat paling akhir pada saat menggunakan lapisan anti karat mobil adalah siap menerjang semua medan jalan dengan tenang. Sampai dengan saat ini banyak pemilik mobil yang merasa kesal dan malas, ketika berkendara di kondisi sedang turun hujan.

Seperti yang diketahui, air hujan mempunyai kandungan asam yang lebih tinggi. Sehingga, dengan hal tersebut bisa dijadikan penyebab munculnya karat di bagian beberapa mobil.

Akan tetapi, untuk Anda yang tidak ingin beberapa bagian mobil dimunculi karat bisa menggunakan lapisan anti karat. Pilih juga jenis lapisan anti karat dengan kualitas yang paling terbaik dan benar-benar terbukti.

Durasi dan biaya anti karat mobil

Idealnya, memberikan lapisan anti karat mobil dilakukan setiap 3 tahun sekali. Tentu saja daya tahannya bergantung pada kualitas bahan yang digunakan. Jika ingin melapisi cat mobil dan bodinya dengan anti karat, lakukan di bengkel spesialis yang telah memiliki rekam jejak bagus.

Jangan melakukan pelapisan secara mandiri untuk menghindari dari kesalahan yang justru dapat merugikan. Beberapa bengkel spesialis juga bisa menerima jasa pelapisan, Anda tinggal menyiapkan cat anti karat yang banyak dijual di toko online.

Sebagai estimasi harga 1 kaleng cat anti karat ukuran 1 liter berkisar Rp50 ribuan dan ukuran 5 liter seharga Rp350 ribuan. Untuk jasa biaya anti karat mobil cukup beragam, bergantung dengan ukuran mobil.

Rata-rata biayanya sekitar Rp2-3 juta untuk mobil LCGC, city car dan hatchback. Mobil menengah seperti MPV dan SUV berkisar Rp4 jutaan dan mobil besar Rp5-6 jutaan.

Sementara durasi pengerjaan pada proses pelapisan sebenarnya tidak memakan waktu lama. Beberapa bahan pelapis tersebut ada yang memiliki kelebihan anti karat lebih cepat kering hanya dalam hitungan 15 menit.

Namun biasanya rata-rata, proses pengerjaan dan sampai lapisan tersebut mengering tidak sampai 2 jam. Kamu bisa menunggu dan melihat proses tersebut langsung di bengkelnya.

Nah setelah membaca artikel ini, sudah terpikir kapan bakal memberi lapisan pelindung ini? Mengingat saat ini musim hujan, segera jadwalkan waktunya agar bodi mobil dan cat terlindung dari serangan karat.

By admin