JawaPos.com – Ajang Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 dimanfaatkan Lexus Indonesia menghadirkan mobil listrik murni New Lexus RZ. Dengan menghadirkan New Lexus RZ listrik, pabrikan Jepang ini optimistis mampu mewujudkan kendaraan elektrifikasi secara penuh pada 2025 mendatang dan akan hanya menjual kendaraan murni listrik pada 2035.

Menurut Bansar Maduma, General Manager Lexus Indonesia, setelah bulan lalu resmi meluncurkan The All New Lexus RX, di GJAW memperkenalkan The All New Lexus RZ yang merupakan Lexus First Dedicated BEV (Battery Electric Vehicle) Model secara eksklusif kepada pengunjung dan Lexus Enthusiast.

“Dengan kehadiran kendaraan listrik yang semakin lengkap dan beragam juga menunjukkan komitmen Lexus dalam memberikan kemewahan yang personal (Making Luxury Personal),” tutur Bansar.

Mobil ini dirancang menggunakan platform e-Toyota New Global Architecture dimana sama dengan yang digunakan Toyota bZ4X, namun mendapat beberapa penyesuaian untuk Lexus RZ. Tak terkecuali dalam penggunaan dua motor listrik dengan DIRECT4 Technology yang memiliki sistem full All-Wheel-Drive.

Tampilan luarnya menggunakan tema eksterior Spindle Body Concept, berfokus pada efisiensi aerodinamis untuk memberikan pengalaman berkendara lebih dinamis. Masuk dalam kabin menukil konsep Tazuna Cockpit tujuannya untuk meningkatkan koneksi pengemudi dengan kendaraan.

Pemakaian material ultrasuede pada seluruh joknya juga diklaim merepresentasikan sustainability sebagai bagian dari kontribusi Lexus untuk merealisasikan carbon neutrality society.

Mobil ini didukung dengan baterai berkapasitas 71,4 kWh yang dikawinkan dengan dua motor listrik dengan kemampuan jelajah sejauh 400 Km untuk sekali pengisian daya penuh. Di atas kertas, Lexus RZ mampu menggelontorkan tenaga maksimal 313 hp dengan torsi 435 Nm.

Sayangnya meskipun Lexus Indonesia memajang New Lexus RZ listrik namun belum memberikan banderol jual. Akan tetapi konsumen sudah bisa memesan unit Lexus RZ di ajang JAW 2023. Jadwal pengirimannya dipastikan akan dilakukan pada tahun ini.

By admin