JawaPos.com – Para fans tinju dunia siapkan diri Anda! Duel dua petarung terbaik di kelas berat sudah di depan mata. Ya, jadwal duel unifikasi Tyson Fury dan Oleksandr Usyk telah ditentukan waktunya.

Kabar itu disampaikan Presiden WBA Gilberto Mendoza kemarin. Dia menyebut Fury dan Usyk sudah sepakat menggelar duel pada 29 April di Stadion Wembley, London, atau 30 April WIB.

’’Promotor keduanya sudah mengonfirmasi ke saya,’’ ucap Mendoza dilansir ESPN.

Konfirmasi itu didapat Mendoza hanya beberapa jam sebelum batas waktu laga wajib yang harus dijalani Usyk untuk mempertahankan sabuk WBA miliknya.

Lawan yang sudah disiapkan WBA untuk petinju asal Ukraina tersebut sebenarnya adalah Daniel Dubois. Namun, karena Usyk sudah mendapatkan lawan tanding Fury, rencana itu dibatalkan.

Fury saat ini adalah pemegang sabuk juara dunia kelas berat versi WBC. Sementara itu, Usyk memiliki tiga sabuk juara dunia kelas berat versi WBA, IBF, dan WBO.

Tyson Fury, calon lawan Oleksandr Usyk. (AFP)

Meski menguasai sabuk juara lebih banyak, Usyk mengalah demi terwujudnya laga tersebut. Dia sepakat hanya mendapat sharing profit 30 persen dari Fury.

’’Hey, perut serakah. Aku sepakat dengan tawaranmu 30-70. Tapi, kamu juga harus janji mendonasikan USD 1 juta (Rp 15,2 miliar) untuk warga Ukraina langsung usai pertarungan,’’ ucap Usyk dalam unggahannya di Instagram dilansir ESPN.

Video itu dibuat Usyk menjawab video tantangan Fury. Sebelumnya, petinju berjuluk Gypsy King tersebut lebih dulu menantang Usyk naik ring.

’’Usyk, bagiku, nilaimu hanya 30 persen. Ambil atau tinggalkan. Kalau tidak mau, tanding saja lawan Dubois dan kamu hanya akan menghasilkan beberapa juta dolar,” koar Fury di video yang dia unggah di Instagram itu.

”Tapi kalau kamu ingin uang sungguhan, lawanlah aku, Gypsy King.’’

By admin