JawaPos.com–Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mendorong peran penting pers untuk memasifkan literasi keuangan dan keuangan inklusi. Hal itu sebagai penguatan UMKM yang merupakan backbone perekonomian nasional.

Hal tersebut disampaikan Khofifah dalam peringatan Hari Pers Nasional ke-77 tingkat Jawa Timur yang diselenggarakan PWI Jatim dengan tema UMKM Backbone Perekonomian Nasional di Kediri, Sabtu (11/3) malam.

Menurut Gubernur Jawa Timur Khofifah, sebagai backbone perekonomian nasional UMKM memiliki peran penting dalam perekonomian nasional hingga global. Bahkan keberhasilan Jatim dalam meningkatkan perekonomian pasca pandemi menjadi 5,34 persen tak terlepas dari peran UMKM.

Untuk memperkuat UMKM, Khofifah yang juga Ketua PP Umum Muslimat NU menekankan pentingnya literasi keuangan. Literasi keuangan dan keuangan inklusi merupakan suatu keniscayaan yang harus diterapkan para pelaku UMKM.

”Capaian keuangan inklusi Jatim sudah di atas rata-rata nasional. Capaian Jawa Timur pada 2022 sudah 92 persen.  Capaian Jawa Timur untuk literasi keuangan 2022 mencapai 54 persen,” ujar Khofifah.

Gubernur Khofifah menambahkan, saat ini, literasi keuangan sama pentingnya dengan literasi digital untuk bisa dipahami para pelaku UMKM. Untuk itu dia ingin mengajak insan pers Jatim bersama-sama menguatkan literasi keuangan dan keuangan inklusi  pada masyarakat.

Gubernur Khofifah menyatakan, literasi digital dan literasi keuangan harus berjalan beriringan. Dia juga meminta OJK dan BI bisa memberi penguatan kepada wartawan, khususnya yang fokus dalam jurnalistik ekonomi.

Gubernur Khofifah menambahkan, sinergitas antara pers dan pemerintah menjadi satu hal yang penting untuk dibangun partnership yang saling menjaga ekosistem masing-masing.

”Ada hal-hal yang membutuhkan strong partnership tidak sekadar kaitan dengan partnership di bidang jurnalisme tetapi tema ini adalah tema yang memang strategis dan penguatan jejaringnya harus kita bangun secara lebih kuat,” ujar Khofifah.

Sementara itu, Ketua PWI Jatim Lutfil Hakim berharap momen peringatan HPN ke 77 tingkat Jatim ini bisa meningkatkan kesadaran bersama untuk meningkatkan sinergitas dan kolaborasi.

”Saya harap semua teman-teman kita untuk tetap menjadi yang terbaik, memberikan yang terbaik kepada publik, menjadi mitra yang baik untuk government beserta seluruh stakeholder demi terwujudnya masyarakat yang berkembang,” papar Lutfil Hakim.

By admin