JawaPos.com – Surya Sahetapy membuat bangga penyanyi senior Dewi Yull selaku orang tua. Kendati merupakan seorang tunarungu, Surya memiliki semangat yang tinggi untuk belajar dan berprestasi.

Hal itu sudah terbukti dengan Surya mendapatkan beasiswa dari luar negeri yang dicarinya sendiri. Dewi Yull mengaku tidak keluar uang sama sekali untuk biaya pendidikan sang putra.

Dan kabar baiknya, Surya Sahetapy yang saat ini menempuh pendidikan dengan mengambil jurusan Secondary Education for Deaf and Hard of Hearing Students di Rochester Institute of Technology New York akan segera lulus S2. Surya akan diwisuda usai lebaran Idul Fitri nanti.

“Habis lebaran anakku Surya yang tuli, akan wisuda S2 pada tanggal 13 Mei,” ujar Dewi Yull di bilangan Kemang Jakarta Selatan, Jumat (10/3).

Dewi Yull sangat bersemangat mengambil banyak pekerjaan off-air sejak beberapa waktu belakangan. Dia mengaku sedang mengumpulkan uang agar bisa datang ke acara wisuda sang putra.

“Mudah-mudahan saya bisa menemani Surya yang akan wisuda S2 bersama suami saya. Karena kemungkinan dia nggak akan pulang ke Indonesia. Dia mau ngajar di Amerika,” kata Dewi Yull.

Dia pun merestui keinginan sang putra berkarier di Amerika sebagai pengajar. Sebab cita-citanya memang ingin menjadi pengajar. Menurut Dewi Yull, di Indonesia belum ada kebijakan yang membolehkan seorang tunarugu bisa mengajar.

Sementara di Amerika, anak berkebutuhan khusus mendapatkan kesempatan yang setara denagan orang normal untuk dapat membagikan ilmunya kepada para siswa. “Dengan fasilitas di sana, guru tuli bisa mengajar dengan penterjemah isyarat,” katanya.

By admin