JawaPos.com – Manchester City berhasil meraih kemenangan tipis 1-0 atas Crystal Palace di Selhurst Park. Kemenangan itu membuat The Citizens terus menekan Arsenal di puncak klasemen Liga Premier musim ini.

Man City memasuki pertandingan ini dengan tiga kemenangan dan dua hasil imbang dalam lima pertandingan terakhir mereka di seluruh kompetisi. Setelah seri 1-1 berturut-turut dengan RB Leipzig dan Nottingham Forest, pasukan Pep Guardiola mengamankan tiga kemenangan beruntun. Mereka menyudahi Bournemouth dengan skor 4-1 sebelum mengalahkan Bristol City 3-0 di Piala FA dan Newcastle United 2-0 di Liga Premier.

Mengetahui kemenangan sangat penting untuk menjaga aspirasi gelar mereka tetap hidup, Guardiola menurunkan barisan yang kuat untuk pertandingan ini.

Man City membuat awal yang dominan sejak awal pertandingan. Mereka mengontrol sebagian besar penguasaan bola di babak pertama, memungkinkan mereka untuk melakukan penyerangan untuk menciptakan peluang.

Mereka mempertahankan bola selama 72% di babak pertama, menciptakan delapan peluang tembakan walau mengenai sasaran hanya sekali. Sementara Erling Haaland mengalami awal permainan yang lambat saat dia berjuang untuk mencapai target.

Fakta itu tak lepas dari bentuk pertahanan Crystal Palace sangat sempit dan kompak. Mereka bertahan untuk menyerap semua tekanan dari Man City. The Eagles menguasai bola hanya untuk 28% di babak pertama, mencoba dua tembakan tetapi gagal mengenai sasaran. Meski tidak ada peluang berarti dari kedua kubu, permainan dimainkan dengan lancar serta dengan kecepatan yang baik.

Awal babak kedua sebenarnya tak banyak perubahan, di mana Man City masih menguasai jalannya permainan. Mereka mengoper bola dan dengan sabar menunggu Crystal Palace melakukan kesalahan agar bisa memanfaatkannya. Itu persis terjadi setelah 78 menit ketika Ilkay Gundogan dijegal di dalam kotak 16 pas hingga Man City mendapat hadiah penalti. Haaland maju dan mencetak gol untuk menjadikannya 1-0.

Dengan hanya kurang dari 10 menit tersisa untuk bermain setelah tertinggal, Crystal Palace mencoba yang terbaik untuk menciptakan gol penyeimbang. Namun, sang juara bertahan menunjukkan pengalaman dan kelas mereka dengan menutup pertandingan secara efektif untuk mengamankan kemenangan 1-0.

Kemenangan ini membuat mereka masih tertahan di peringkat kedua dengan 61 angka dari 27 pertandingan. Mereka terpaut dua angka dari Arsenal yang bakal menjalani pertandingan di kandang Fulham, Minggu (12/3/2023).

By admin