KOMBESPOL Budi Hermanto menjadi sorotan masyarakat Jawa Timur. Kapolresta Malang Kota itu baru saja mengungkap kasus dugaan penipuan robot trading Auto Trade Gold (ATG) yang dikelola PT Pansaky Berdikari.

Atas pengungkapan kasus tersebut, Wahyu Kenzo sang founder PT Pansaky Berdikari diringkus dan menjadi tersangka. Pengungkapan kasus jajaran Polres Malang Kota tersebut menjadi sorotan karena tergolong kejahatan luar biasa alias extraordinary crime.

Budi Hermanto merupakan orang belum lama di Kota Malang. Dia hadir di kota tersebut ketika mencuatnya tragedi Kanjuruhan. Di tengah kondisi yang tegang itu, dia memerintahkan seluruh jajaran kepolisian di Kota Malang melakukan sujud masal sebagai bentuk permintaan maaf kepada masyarakat di kota setempat. Upaya itu dilakukan pada 10 Oktober 2022.

“Kami berupaya untuk bertindak tegas. Caranya dengan berbaur yang ditambah sentuhan humanis dalam setiap tindakan,” ujar alumnus Akpol 2000 itu.

Mantan kapolres Batu itu menuturkan, penegakan hukum tidak melulu turun ke lapangan tapi harus disertai dengan sistem. Apalagi kini perkembangan dunia digital.

“Cara kerja polisi harus diimbangi juga dengan perkembagan teknologi,” tandas Kasatreskrim Polres Metro Jaksel Polda Metro Jaya tersebut.

By admin