JawaPos.com – Curhatan Komika Kiky Saputri soal mertuanya yang didiagnosis menderita sakit stroke kuping oleh dokter di Indonesia, tapi di Singapura justru disebut hanya mengalami flu yang berpengaruh pada indra pendengarannya, mencuri perhatian publik luas.

Kiky Saputri menuai kontroversi di media sosial dan diserang oleh sejumlah pihak, karena dianggap kurang membanggakan dokter Indonesia. Kiky diserang karena dimungkinkan bisa membawa dampak kurang baik ke depannya.

Di tengah kontroversi curhatan tentang mertuanya tersebut, dokter sekaligus influencer dr. Tirta justru memberikan dukungan kepada Kiky Saputri. Dia bahkan mengucapkan terima kasih kepada istri M. Khairi atas curhatannya tersebut.

“Secara umum saya justru berterima kasih kepada mbak @kikysaputrii dan teman teman sekalian. Karena kritik dari pasien adalah bentuk salah satu kepedulian, agar saya bisa lebih maju nantinya sebagai dokter,” tulis dr. Tirta dalam unggahannya di Twitter.

dr. TIrta menyarankan curhatan Kiky Saputri soal mertuanya tidak perlu ditanggapi dengan serangan balik. Karena dia hanya mengungkapkan kejadian yang dialami oleh keluarganya.

“Apa yang disampaikan mbak Kiki ini harusnya kita Jadikan ini sebagai autokritik (kritik kepada diri sendiri, termasuk saya sendiri) supaya saya tetap bisa menjaga kualitas komunikasi, edukasi dan pelayanan. Meski klinisi / nonklinisi, kita tetap harus rutin belajar,” ujar Tirta.

Dia menyatakan, dokter seharusnya tidak hanya belajar ilmu dari jurnal medis akademis, tetapi juga belajar dari pengalaman yang dialami oleh pasien lewat curhatannya. Karena bagaimana pun, pasien merupakan pengguna jasa dan pelayanan kedokteran.

Sebelumnya, Kiky Saputri curhat soal diagnosis stroke kuping terhadap mertuanya oleh salah satu dokter di Indonesia. Untuk memastikannya, mertua Kiky kemudian mencari second opinion dengan memeriksakan kondisi kesehatan ke Singapura.

“Mertua saya didiagnosa stroke kuping karena tiba-tiba pendengarannya terganggu. Disuntik dalamnya malah makin parah pendengarannya,” tulis Kiky Saputri.

“Akhirnya ke Rumah Sakit Singapura dan diketawain sama dokternya mana ada stroke kuping. Itu cuma flu jadinya bindeng ke telinga dan sekarang sudah sembuh. Kocak kan?” imbuhnya.

By admin