JawaPos.com – Lewat ajang GAIKINDO Jakarta Auto Week (GJAW) 2023 Toyota tampilkan 16 lineup ever-better cars ter-lengkap. Mulai dari pilihan kendaraan berteknologi elektrifikasi, GR sports dan sporty car, hingga model-model favorit lainnya.

Termasuk Toyota All-New Agya dan All-New Agya GR Sport yang telah resmi dijual di Indonesia per 10 Maret 2023 serta kehadiran All-New RAV4 GR Sport Plug-In Hybrid EV menandai debut perdananya tampil di Indonesia.

Menurut President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Hiroyuki Ueda, Toyota menampilkan line up kendaraan penumpang roda empat paling lengkap di Indonesia. Ini sebagai realisasi komitmen memberikan solusi mobilitas bagi kebutuhan masyarakat yang beragam salah satunya lewat kehadiran Toyota All-New Agya dan All-New Agya GR Sport.

Selain mobil LCGC di ajang GJAW Toyota juga menampilkan All-New RAV4 GR Sport PHEV yang tak disangka-sangka.

“Kami juga melengkapinya dengan teknologi terbaru, serta pilihan layanan mobilitas yang accessible dan advanced. Untuk pertama kali di GJAW 2023 ini kami juga menghadirkan All-New RAV4 GR Sport PHEV untuk menguatkan komitment kami dalam mendukung target penurunan emisi karbon” kata Hiroyuki Ueda.

Hadirnya All New RAV4 GR Sport Plug-In Hybrid EV sebagai salah satu bentuk realisasi komitmen dalam menyediakan solusi mobilitas exciting dengan carbon-neutral technology.

Model-model ini memperluas pilihan model GR dengan teknologi elektrifikasi yang di maksudkan memberikan excitement lebih dalam berkendara sembari mewujudkan gaya hidup yang ramah lingkungan.

Kehadiran All-New RAV4 GR Sport Plug-In Hybrid EV, Toyota ingin menjawab kebutuhan mobilitas lebih luas khususnya bagi pelanggan yang menginginkan kendaraan yang mampu memberikan excitement lebih dengan tetap berpartisipasi aktif dalam menciptakan lingkungan lebih baik.

Dalam kesempatan yang sama Marketing Direktur PT TAM, Anton Jimmi Suwandy di JCC Senayan, menegaskan kalau All-New RAV4 GR Sport Plug-In Hybrid EV adalah varian tertinggi. Ini bisa menjadi ultimate crossover SUV juga dibekali dengan fitur Toyota Safety Sense.

SUV terbaru Toyota itu dibekali dengan sistem hiburan yang mumpuni, mengandalkan head unit layar sentuh berukuran 10,5 inci yang dapat terhubung dengan smartphone tanpa kabel melalui Android Auto, atau Apple CarPlay.

Tak hanya berfungsi untuk sistem hiburan, head unit itu juga menampilkan navigasi peta jalan dengan cloud. “Menariknya, untuk mempermudah pengguna saat berkendara, SUV itu juga dilengkapi fitur perintah suara,” ujar Anton.

Pengguna hanya menyebut ‘Hey Toyota’, untuk memerintahkan membuka jendela, mengatur suhu AC, dan beberapa perintah lainnya. Mobil sudah terhubung dengan jaringan internet, maka update perangkat lunak bisa dilakukan di manapun, tanpa perlu ke bengkel.

Bicara dapurpacu RAV4 PHEV dibekali dengan mesin bensin 4 silinder berkapasitas 2.487cc dilengkapi 16 valve DOHC VVT-iE. Mampu menggelontokan tenaga maksimalnya jika dikombinasikan dengan motor listriknya mencapai 301,7 dk, dan torsi puncak 227 Nm di 3.200-3.700 rpm.

Karena SUV itu dibekali motor listrik, maka dengan pilihan mode EV mobil bisa sepenuhnya berjalan tanpa perlu bahan bakar, hingga menempuh jarak 65 km, selagi daya baterainya tersedia, dan kecepatan maksimal tenaga listriknya 135 kpj (km per jam).

Untuk mengajaknya berlari dari diam ke 100 kpj (km per jam) dengan gabungan tenaga mesin, dan motor listrik hanya butuh waktu 6 detik, dan kecepatan maksimal 180 km per jam. Disalurkan melalui transmisi matik CVT ke semua rodanya, alias All Wheel Drive.

“Harapannya, upaya continuous improvement yang dilakukan pada produk-produk baru Toyota serta layanan pendukungnya, dapat memenuhi kebutuhan mobilitas yang melebihi ekspektasi pelanggan,” kata Anton.

By admin